Dianggarkan Rp 16,43 M, Pemkab Kudus Segera Realisasikan Kudus City Walk

oleh

Kudus, isknews.com – Konsep City walk yang akan dibangun di Kudus merupakan konsep dimana sebuah kota berorientasi pada pejalan kaki serta ruang terbuka sebagai ruang publik. Citywalk diluar sebuah pusat perbelanjaan modern merupakan area yang dimiliki publik. Citywalk juga merupakan pedestrian dengan sarana perbelanjaan yang lengkap.

Rencana merealisasikan City Walk di Kudus yang diusulkan di kawasan Jantung Kota tepatnya di Alun-Alun atau Simpang Tujuh ke barat menuju Jalan Sunan Kudus sampai Masjid Menara Kudus ke utara sampai Pasucen, merupakan tempat tersebut tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus, Joko Mukti melalui Kabid Drainase dan Tata Bangunan Apriliana Hidayati mengaku jika saat ini pihaknya masih dalam proses penyusunan Detail Engineering Desain (DED) progam pembangunan Kudus City Walk di Jalan Sunan Kudus.

TRENDING :  Jumlah Minimarket di Kudus Sudah Lebihi Kuota Yang Ditetapkan Perda

“Masukan dari berbagai pihak, seperti Dinas Perdagangan terkait penataan PKL dan Dinas Perhubungan terkait lalu lintas telah kami akomodir. Kami targetkan akhir Febuari sudah finalisasi DED,” katanya, Selasa (11/02/2020).

Dirinya mengungkapkan, desain Kudus City Walk mengalami perubahan usai mendapat evaluasi dari Plt. Bupati Kudus, HM Hartopo beberapa waktu lalu. Jika sebelumnya, pembangunan pedestrian itu direncanakan dilakukan di dua sisi. Yakni di sisi utara dan selatan Jalan Sunan Kudus.

Di DED baru, pembangunan Kudus City Walk akan dilakukan di satu sisi yakni ruas Jalan Sunan Kudus sebelah utara saja. Sementara ruas sebelah selatan akan digunakan sebagai kantong parkir bagi kendaraan pengunjung Kudus City Walk.

TRENDING :  TERKATUNG-KATUNG TANPA DIPERHATIKAN MENGACAM KESELAMATAN PENGUNA JALAN

“Desainnya masih sama seperti yang sebelumnya. Cuma awalnya dua ruas menjadi satu ruas, itu saja,” tegasnya.

Layaknya pedestrian di kota-kota besar, Kudus City Walk nantinya akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki. Dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menjadi simbol budaya khas Kudus, Kudus City Walk menjajikan spot foto yang instagramable.

Namun dirinya juga mengaku keberadaan sejumlah bangunan yang menjorok ke badan Jalan Sunan Kudus menjadi salah satu kendala bagi pihaknya dalam merealisasikan pembangunan Kudus City Walk.

Kawasan alun-alun simpangtujuh Kudus (foto: YM)

Kendati begitu, dia menegaskan jika pihaknya tidak akan melakukan pengeprasan terhadap bangunan bangunan tersebut. Pasalnya, nantinya pembangunan pedestrian tersebut akan disesuaikan dengan kontur bangunan.

TRENDING :  Peter : Manager Harus Bisa Menghidupi Persiku dan Bukan Mencari Hidup Dari Klub

“Jadi nantinya bangunan Kudus City Walk akan menyesuaikan dengan kontur bangunan bangunan itu,” terangnya, Rabu (11/02/2020).

Hal ini dilakukan karena tidak adanya biaya penggantian bangunan dalam alokasi dana pembangunan Kudus City Walk. Dalam anggaran pembangunan yang mencapai Rp. 16,43 miliar dari APBD Kudus 2020 itu hanya untuk pembangunan saja.

Pantauan media ini ada dua titik bangunan menonjol di ruas bagian utara Jalan Sunan Kudus. Titik pertama terletak di timur bangunan Toko Foto Surya.

Di sana ada ada sekitar 6 bangunan pertokoan maupun rumah yang menjorok sekitar dua hingga tiga meter ke bahu jalan. Sementara di lokasi kedua, yang berada di barat Rutan IIB Kudus hanya ada dua bangunan yang lokasinya menjorok ke bahu jalan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :