Korsleting, Bengkel Mobil dan Las di Samirejo Dawe Ludes Terbakar

oleh -1.454 views
Sebelum kedatangan armada damkar, sejumlah warga melakukan pemadaman dengan alat sederhana, saat kebakaran melanda bengkel mobil di Samirejo Dawe Kudus (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Selain musibah meledaknya mercon yang mengakibatkan korban jiwa, di malam takbiran semalam di kota kretek juga terjadi sebuah peristiwa kebakaran hebat yang melanda sebuah bengkel mobil dan las di Desa Samirejo, Kecamatan Dawe, Kudus, Rabu (12/05/2021) malam.

Kebakaran yang sempat meluluh lantakkan bengkel milik Jamaah di Dukuh Kiringan Samirejo RT 02 RW 04 tersebut terjadi pada sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, sejumlah saksi melihat bara api dan kepulan asap muncul dari bengkel milik Jamaah tersebut.

Melihat kejadian tersebut, warga bergotong royong berusaha mematikan api sembari melaporkan ke perangkat desa dan melakukan upaya pemadaman dengan peralatan yang ada.

Tak berapa lama kemudian, beberapa unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD, Sukun, Djarum dan lainnya tiba di lokasi.

Dengan dibantu warga, petugas pun berjibaku untuk memadamkan api. Setelah beberapa lama berjuang, petugas Damkar akhirnya bisa menjinakkan si jago merah.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Budi Waluyo mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada Rabu (12/5/2021) pukul 21.00 WIB malam. Kebakaran diduga dari korsleting listrik atau arus pendek.

“Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik. Percikan api dengan cepat membakar bangunan bengkel las,” ujar Budi saat dimintai keterangan.

Budi menjelakan, api pertama kali di ketahui oleh pemilik bengkel las Jama’ah yang juga warga Desa Samirejo dan warga sekitar.

Mengetahui api yang sudah membakar bengkel, warga berusaha memadamkannya dengan menggunakan alat seadanya sebelum petugas pemadan kebakaran sampai di lokasi kejadian.

“Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api,” kata dia.

Api merembet ke bagian tembok sebelah bengkel dan membakar tembok rumah milik Totok.

Lanjut Budi, dengan cepat petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api pukul 22.25 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“1 unit Pick Up, 1 unit minibus, tumpukan ban, dan peralatan bengkel dengan kerugian sekitar Rp 150 juta,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :