Djati Sholechah,” Perlunya Peraturan Daerah Pengelolaan Kos Kosan “

oleh -1,228 kali dibaca

Kudus,isknews.com – (13/01) Kepala Kantor Kesbangpol Pemkab Kudus,Dajti Solechah merasa perlu akan kebutuhan Penyusunan Peraturan Daerah di Kabuipaten Kudus tentang Pengelolaan rumah Kos.

Hal ini disampaikan dalam Telaahan Staf yang dengan melihat dari berbagai Kajian,Kota Kudus merupaka kota industri yang memiliki bukan saja potensi banyaknya perusahaan juga fasilitas penunjangnya.Akibatnya banyak penduduk banyak memiliki usaha rumah kost,namun pemerintah daerah belum mampu mengambil manfaat dan mengatur standart kualifikasi rumah kost yang benar,sehat dan aman.

Kenyataan dari segi keamanan dan kondusifitas pada beberapa kasus kejahatan/dijumpai penyakit masyarakat juga banyak ditemukan.

Sehingga bahwa dalam rangka menjualankan fungsi penataan,pengawasan dan pengendalian terhadap usaha rumah kost oleh pemerintah daerah diperlukan pengaturan untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum.

Sehingga disimpulkan,Pengaturan terhadap pengelolaan rumah kost mutlak tidak dapat dihindari sebagai salah satu dampak perkembangan kabupaten.Kemudian apabila dikelola dengan baik,jenis usaha rumah kost dapat memberikan manfaat bukan saja bagi pemiliknya melainkan juga bagi daerah dalam peningkatan PAD.

Sedangkan apabila jenis usaha ini dibiarkan ,menjadi potensi yang dapat mengancam keamanan,ketentraman dan ketertiban masyarakat namun aparat tidak dapat menindaknya.

Sumber : Kajian Kepala Kantor Kesbangpol Pemkab Kudus,(Djati Solechah)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :