Dukung Pelestarian Alam, Mahasiswa UMKU Kudus Tanam 1520 Bibit Pohon

oleh -134 kali dibaca
Foto: Dok. UMKU

Kudus,isknews.com – Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) mendukung pelestarian alam di Desa Samirejo Kecamatan Dawe Kudus. Dukungan tersebut dilakukan melalui program menanam pohon sebanyak 1520 bibit pohon (28/1/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Samirejo tersebut bertempat di tiga titik lokasi; Lapangan Kiringan,  Lapangan Legi, Kebun Desa, serta dibagikan kepada warga setempat. Bibit pohon tersebut cukup variatif, mulai dari rambutan, durian, jambu biji, matoa, sirsak, alpukat, petai, jengkol, cemara, pucuk merah, dan spatudea.

Ribuan bibit pohon tersebut diperoleh dari Balai Pengelolaan DAS (Daerah Aliran Sungai) Pemali Jratun Bangsri Jepara. Menurut Mega Dwi Lestari kegiatan tanam pohon bertujuan untuk penghijauan, mengurangi polusi rokok serta memberikan aktivitas tambahan untuk perokok dan warga lainnya agar dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Penaman pohon dihadiri kepala desa sebagai, warga setempat dan karang taruna Desa Samirejo.

“Apresiasi kepada mahasiswa UMKU atas bantuan penanaman bibit pohon, selain kreatif, penanaman pohon ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan bagi masyarakat, terutama masyarakat memiliki kesadaran akan melestarikan lingkungan” kata Kepala Desa Samirejo Awang indra .

Ia juga berpesan kepada warga agar masyarakat juga senantiasa merawat bibit pohon supaya tetap hidup dan terjaga. “Ini bagian dari pengabdian kami pada program praktik komunitas, penanaman bibit pohon ini semoga menjadi aktivitas tambahan dengan cara merawat dan menjaga pohon tersebut supaya dapat berkembang dengan baik sehingga penanaman tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan” ungkap Ketua Kelompok Mega Dwi Lestari. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :