Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (FASBuK) Sukses Buat Penonton Terkesima

oleh -1,136 kali dibaca

Kudus, Isknews.com – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation dan bekerjasama dengan HMP SI milik Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin Sastra dan Budaya.

Pertunjukan edisi bulan Oktober 2016 kali ini menghadirkan Ayunan sebagai judulnya, Ayunan merupakan salah satu nama komunitas yang telah pentas semalam dalam edisi kali ini, mereka adalah sekumpulan anak muda kreatif yang sering membuat karya lagu beraliran swing, selain itu mereka aktif juga sebagai pengisi ilustrasi musik dalam pementasan Teater juga Musikalisasi puisi. Adapun kelompok lain yang semalam tampil berkolaborasi adalah salah satu aktor dan aktris teater yang membacakan puisi karyanya. Lantunan syair puisi dan musik menjadi sinergi dalam saturangkaian alur yang mengayun di panggung FASBuK. Dan pada akhir pertunjukan nanti, Muhammad Farid sebagai salah satu peserta Workshop Ruang Kreatif Galeri Indonesia Kaya dari Kudus menghadirkan tema diskusi tentang proses kreatif dalam bersastra.

Arfin AM, Ketua Badan Pekerja Fasbuk Saat di wawancarai Isknews.com menjelaskan bahwa Sedikitnya 500 penonton yang sebagian besar dari kalangan kawula muda ini begitu sangat antusias, diantaranya dari pelajar sekolah menengah atas (SMA), Beberapa Perguruan tinggi di Kabupaten Kudus, bahkan ada yang sengaja datang dari luar kota hanya untuk melihat dari dekat pertunjukan ini.

“Acara pada sabtu malam (29/10) tersebut menampilkan SIkustik dr HMP SI selaku tuan rumah, partisipasi penonton pembacaan puisi dari SD 2 Singocandi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dari Fatkhul Wahab & Alfitri, setelah puisi langsung disambung dengan pementasan musik sastra dari ayunan yang berkolaborasi dengan Teater Tiga Koma membawakan 6 aransemen puisi. Di tengah tengah pertunjukan, ada selingan pembagian hadiah lomba foto edisi bulan september 2016. Diskusi berlangsung sampai pukul 23.00 WIB.”terangnya.

“Sekilas tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)
FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.”imbuhnya

“Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.”Pungkasnya (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :