” GEROBAG KRANGKENG ” Delman Khas Kudus

oleh -1,384 kali dibaca

Kudus,isknews.com – (27/01) Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya.Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.

Penamaan Delman berasal dari penemunya yakni Ir Charles Theodore Deeleman, seorang insinyur, ahli irigasi yang memiliki bengkel besi di pesisir Batavia (Jakarta sekarang). Penamaan kendaraan yang sama adalah Sado yang berasal dari Bahasa Perancis dos-à-dos yang berarti saling memunggungi. Istilah lain dalam berbagai bahasa daerah cukup beragam yang sebenarnya merujuk pada wujud benda yang sama.

Istilah lain yang dikenal masyarakat adalah Dokar. Sebagian kalangan menyakini nama dokar berasal dari Bahasa Inggris dog car.Dogcart (atau dog-cart) adalah sebuah kendaraan berkuda ringan yang awalnya didesain untuk kegiatan berburu, dengan sebuah kotak di belakang kursi pengemudi untuk membawa seekor anjing pemburu atau lebih. Kotak tersebut dapat diubah menjadi bangku kedua. Seorang pemuda atau anak kecil yang disebut “tiger” berdiri di balkon bagian belakang kereta untuk membantu atau melayani pengendara.

Sedangkan kabupaten untuk kabupaten Kudus memiliki delman dengan bentuk yang sangat berbeda dengan umunya,yakni delman krangkeng.Delman ini di kabupaten Kudus disebut ” Grobag Krangkeng ” yang memiliki bentuk seperti delman kerajaan.

Grobag Krangkeng ini hanya bisa ditemukan replikanya di museum Kretek Kudus yang terletak di desa Getas Pejaten.Pada tahun 1990an delman ini masih banyak ditemukan di pasar pasar pinggiran kota,seperti pasar Bareng,pasar Brayung atau pasar di Undaan.

Namun replika ini tidak sesuai dengan bentuk aslinya dimana ventilasi pada Delman Krangkeng berbentuk tirai besi sehingga udara bisa berganti.Sedangkan sang Kusir hanya duduk di depan dengan kaki terjuntai ke bawah.(MR)

Sumber : Dari berbagai sumber

KOMENTAR SEDULUR ISK :