Giat Agroschooling UMK sasar Pelajar SD, Tanamkan Sadar Lingkungan Sejak Dini

oleh -110 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP) Universitas Muria Kudus (UMK) mengenalkan dunia pertanian sejak dini kepada anak di SD 2 Samirejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus melalui kegiatan AGROSCHOOLING #1 dengan tema “Edukasi Penanaman Guna Mewujudkan Generasi Sadar Lingkungan” pada Sabtu (15/6/2024).

Kegiatan ini dicetuskan oleh BEM FP UMK dikarenakan minimnya minat generasi muda pada sektor pertanian menjadi perhatian yang sangat serius mengingat pertanian merupakan sumber pangan bagi suatu negara.

“Berdasarkan dari hal tersebut, kami bersama Divisi Pengabdian Masyarakat atau yang sering dikenal sebagai Divisi Pengmas BEM FP UMK akhirnya mencetuskan program Agroschooling bersama SD 2 Samirejo yang semoga dapat meningkatkan minat siswa untuk peduli lingkungan sekaligus mengenalkan dunia pertanian sejak dini,” ujar Hadi Santoso selaku Gubernur BEM FP UMK 2024.

Melalui program ini, siswa akan dikenalkan mengenai dunia pertanian dan mengedukasi siswa untuk bagaimana caranya menanam tanaman. Adapun tanaman yang digunakan adalah tanaman yang sudah sering anak-anak temui misalnya cabai dan terong.

Selama kegiatan, siswa akan diajak berkenalan dengan semua hal yang berkaitan dengan pertanian sekaligus dikenalkan bagaimana tanaman tersebut akan tumbuh hingga menjadi sayur yang dapat dikonsumsi.

“Selain edukasi menanam, sebagai wujud sumbangsih BEM FP UMK terhadap lingkungan, kami juga melakukan penanaman pohon alpukat di sekitar area sekolah yang ditanam langsung oleh Hadi Santoso selaku Gubernur BEM FP UMK dan Bapak Sudirman, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SD 2 Samirejo,” tegas Hadi Santoso.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu awal yang baik bagi BEM FP UMK sekaligus berharap agar kegiatan ini nantinya juga dapat terus berlanjut tidak hanya di SD 2 Samirejo tetapi juga berbagai Sekolah Dasar di Kabupaten Kudus,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :