GRATIS, Asah Talentamu dan Ikuti Kelas Pelatihan Intensif Musikal Budaya dari Indonesia Kaya

oleh -63 kali dibaca
Foto : Flyer

Nasional, isknews.com – Indonesia Kaya membuka kembali program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB) yang merupakan kelas pembelajaran musikal intensif gratis bagi para seniman panggung untuk 45 peserta. Program ini diisi dengan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik berstandar internasional dan muatan Nusantara serta menghadirkan para pengajar terbaik. Indonesia Kaya mengundang seluruh seniman panggung untuk mendaftarkan diri pada pelatihan yang telah dibuka dari 20 Juni – 21 Juli 2024.

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya menjadi program intensif yang mengintegrasikan tiga lini disiplin dalam seni panggung, yang mencakup akting, musik dan tari. Sejak tahun 2019, Indonesia Kaya telah menyelenggarakan program serupa yang diikuti oleh 672 peminat seni dengan 70 peserta terpilih. Pada tahun 2021-2022, program ini diperbarui dengan konsep hybrid yang intensif dengan limitasi 100 peserta.

“Program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya dirancang bagi para seniman panggung yang berkeinginan untuk menjadi seniman profesional dan ingin segera menginjakkan kaki ke industri seni pertunjukan musikal. Para peserta akan dididik demi meningkatkan kemampuan dan skill dasar mereka dalam aspek akting, tari, dan vokal hingga mereka siap untuk bersinar di industri seni yang sesungguhnya. Dengan dipadukan muatan lokal agar wawasan para peserta tentang kebudayaan Indonesia dapat bertambah, hal ini sejalan dengan komitmen nyata kami untuk mendukung seni pertunjukan dari hulu ke hilir, agar terciptanya regenerasi pada pelaku seniman panggung dan melalui program ini juga membuka koneksi untuk terjun langsung ke dalam industri seni pertunjukan, ” ujar Billy Gamaliel, Program Manager www.indonesiakaya.com.

Seluruh peserta akan mengikuti Kelas Persiapan untuk menyamaratakan kemampuan dasar yang mereka miliki, sebelum mendalami masing-masing materi di kelas term 1, term 2, dan term 3 dalam rentang waktu September 2024 hingga berakhir pada Mei 2025 secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Program ini diharapkan mampu melahirkan talenta-talenta seni baru yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Setiap kelas akan dibawakan oleh pengajar terbaik di kelasnya seperti Pasha Prakasa yang merupakan seorang penampil, koreografer, dan sutradara yang telah berkecimpung di dunia musikal Indonesia serta mancanegara. Salah satu karya kenamaan Pasha di Tanah Air adalah Film Petualangan Sherina 2. Selanjutnya, Ufa Sofura juga akan mendampingi Pasha untuk membimbing seni tari. Perjalanan Ufa yang menempuh tari dari berbagai negara dan kelas membawa namanya semakin harum, terlebih dalam kolaborasinya bersama Eko Supriyanto dan Didik Nini Thowok seperti Indonesia Menari 2020, Culture Mission Tour Indonesia di USA 2013, Opening Miss World di Bali 2013, dan banyak lagi. Tak kalah menarik, insan berprestasi Indonesia dalam dunia koreografi lainnya yang turut bergabung juga Ayu Gurnitha. Kemampuannya terbukti dalam berbagai karya musikal di Indonesia seperti Musikal Keluarga Cemara, Film Petualangan Sherina 2, dan lainnya.

Pada bidang vokal, Andrea Miranda sebagai salah satu pengajar di Purwa Caraka Music Studio juga memiliki andil dalam pelatihan program ini. Pengalamannya di bidang seni panggung sebagai pemain, vocal director, dan guru akan memoles kemampuan para peserta lebih hebat lagi. Dani Dumadi sebagai vocal coach dengan latar belakang luar biasa dan pengalaman belajar dengan banyak insan pengajar juga akan menemani Andrea dalam pendalaman skill vokal para peserta.

Tak kalah hebat, Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila juga turut mewarnai pembelajaran Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya. Keduanya memiliki pengalaman yang matang dalam dunia akting. Selama berkarir, Venytha telah bekerja sama dengan sejumlah pihak ternama seperti Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan Metro TV. Demikian pula dengan Putri, dirinya yang sempat menjadi peserta IMB tahun 2019 mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pelatihan singkat di New York. Selain aktif mengajar berbagai disiplin seni di bidang musikal, ia juga terlibat di beberapa pertunjukan dan film seperti Musikal Keluarga Cemara, Hairspray the Musical, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi dan film Petualangan Sherina 2.

“Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya menjadi kesempatan emas bagi para seniman muda untuk membentangkan sayap mereka di industri pertunjukan musikal. Untuk melahirkan insan-insan seniman baru yang siap tampil di panggung nasional maupun internasional, kami mempersiapkan kurikulum berstandar internasional yang digabung dengan muatan nusantara. Kami mengikutsertakan muatan lokal seperti dasar-dasar tari daerah sebagaimana pertunjukan Indonesia banyak berakar dari tradisi dan budaya kita. Kami percaya, perpaduan kurikulum ini akan membentuk dan mematangkan skill set para peserta yang dibutuhkan di panggung-panggung musikal sekarang ini.” ujar Pasha Prakasa, pengajar akting.

Calon peserta yang tertarik mengikuti program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya dapat melakukan registrasi dengan membuat video audisi sesuai ketentuan dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Calon peserta dapat mengakses informasi mengenai registrasi, periode pendaftaran, panduan video audisi, hingga persyaratan melalui www.indonesiakaya.com/ruangkreatifimb.

Syarat Peserta

  • Berusia 16-30 tahun di bulan September 2024.
  • Berbahasa Inggris dengan baik.
  • Memiliki kemampuan dasar dalam menari (jenis tarian bebas).
  • Memiliki komitmen untuk mengikuti program selama 8-10 bulan.
  • Lebih baik jika memiliki kemampuan sight reading/prima vista.

Periode pendaftaran

  • Periode Registrasi – 20 juni 2024 – 21 juli 2024
  • Audisi offline – 10-11 Agustus 2024
  • Pengumuman Penerimaan – 16 agustus 2024

Periode kelas

  • Kelas Persiapan –  14, 15 dan 21,22 September 2024
  • Term 1 – 5 Oktober – 21 Desember 2024
  • Term 2 – 4 Januari – 22 Maret 2025
  • Term 3 – 21 April – 2 Mei 2025
KOMENTAR SEDULUR ISK :