H. Wiyono Terpilih Kembali Sebagai Ketua DPC K – SPSI Kudus

oleh -1,135 kali dibaca

Ketua DPW KSPSI Provinsi Jawa Tengah, Pada Konfercab KSPSI Kabupaten Kudus
Pemerintah Diimbau Tidak Mengintervensi Pembentukan Dewan Pengupahan Daerah
KUDUS, isknews.com – Ketua Dewan Pengurus Wilayah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Jawa Tengah, Hartoyo G, mengimbau kepada pemerintah, khususnya pemerintah kabupaten (Pemkab), untuk tidak mengintervensi pembentukan pengurus dewan pengupahan daerah (DPD). “Yang terjadi di hampir semua kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, kondisinya seperti itu.”
Dia menyampaikan hal itu, saat memberikan sambutannya, pada acara Konferensi Cabang (Konfercab) ke-VIII Dewan Pengurus Cabang (DPC) KSPSI Kabupaten Kudus, Rabu (30/12), di kantor sekretariat organisasi wakil pekerja itu. Hadir, Bupati Kudus yang diwakili Asisten II H Budi Rachmad, Wakil Ketua DPRD Nur Hudi, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Sosnakertrans), dan Subronto (Apindo) dan ketua Sertikat Pekerja Anggota (SPA) dan Pengurus Unit Kerja (PUK).
Menurut Hartoyo, pembentukan susunan pengurus DPD, adalah hak prerogatif SPSI, pemertintah hanya mengawasi dan memfasilitasi. Namun yang terjadi, Pemkab ikut menentukan, kalau tidak yang yang itu, tidak mau dan tidak disetujui. “Itu namanya intervensi. Di masa mendatang, jangan sampai hal itu terjadi.”
Selain itu, pihaknya juga meminta kepada semua Pemkab, termasuk Pemkab Kudus, agar kalau mengangkat kepala dinas tenaga kerja, agar benar-benar yang mengerti dan mengusai permasalahan ketenagakerjaan, termasuk latar belakang pendidikanya. “Bagaimana dia bisa mengerti persoalan yang dihadapi tenaga kerja, kalau yang bersangkutan tidak mengusai permasalahan tersebut.”
Sementara itu, dalam pemilihan ketua baru DPC KSPSI, dengan sistem pemberian suara, dari sebanyak 44 anggota SPA yang memiliki hak pilih, hasilnya dari dua calon ketua, yakni H Wiyono, memperoleh 32 suara, dan Ahmad Fikri memperoleh 9 suara, tiga suara absen dan satu suara tidak sah. Dengan hasil itu, H Wiyono terpilih kembali menjadi Ketua DPC KSPSI Kabupaten Kudus, periode 2015-2020.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :