,

Hardiknas, Pj Bupati Kudus Sampaikan 3 PR Penting untuk Pendidikan di Kudus

oleh -1,043 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dipusatkan di SMP Negeri 1 Kudus, Kamis (2/5/2024) pagi.

Sejumlah peserta upacara, siswa-siswi memakai pakaian adat Kudus dan ada pula yang memakai pakaian keragaman budaya nusantara. Sementara untuk guru memakai pakaian adat Kudus dengan accessories kepala iket dan perempan pakai hijab warna orange.

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Kudus, M Hasan Chabibie menjadi pembina upacara bendera dan membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Lalu, Hasan juga menyampaikan ada tiga pekerjaan rumah (PR) pendidikan yang menjadi sorotannya untuk segera dibenahi atau ditingkatkan di Kudus.

“Tiga masalah pendidikan tersebur yakni persoalan infrastuktur pendidikan, minimnya kegiatan peningkatan kualitas guru, serta event perlombaan atau ruang kreasi siswa yang juga kurang maksimal keberadaannya,” terangnya.

Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie menyampaikan bahwa persoalan infrastruktur pendidikan di Kudus berkaitan dengan kerusakan bangunan sekolah, baik itu di level ringan, sedang, maupun berat.

Permasalahan kedua yakni terkait masih minimnya kegiatan peningkatan kualitas guru, terutama untuk implementasi kurikulum merdeka.

Kemudian, permasalahan selanjutnya yakni terkait minimnya pula ruang kreasi untuk siswa bebeas mengekspresikan diri melalui minat dan bakat sehingga terasah maksimal.

Ditambahkan Hasan Chabibie, dirinya juga nyampaikan kunci sukses masa depan yang harus dipegang oleh para peserta didik. Antara lain, taat kepada orangtua, patuh kepada guru, serta mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

“Insyaallah semua siswa-siswi yang ada di sini kalau mau menerapkan tiga kunci ini maka akan bisa sukses di masa depan,” tambahnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :