Hari Kesaktian Pancasila, Hartopo Ajak Generasi Penerus Jaga Pancasila

oleh

Kudus, isknews.com – Plt Bupati Kudus HM Hartopo menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pendopo Kabupaten Kudus. Dalam sambutan pidatonya ia mnegatakan, ideologi Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia yang sudah final dan tidak boleh di tawar-tawar lagi.

“Pancasila merupakan konsensus nasional yang sudah disepakati oleh masyarakat Indonesia yang beragam untuk menjaga kerukunan, membangun kedamaian untuk menghindari kerusakan, perpecahan maupun pertumpahan darah,” tuturnya pada Selasa (01/10/2019) pagi.

Menjaga Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa tentunya bukan sekedar menjaga warisan para pendahulu, tetapi juga amanat sebagai warga negara untuk menjaga bangsa ini dari kerusakan dan pertumpahan darah akibat perpecahan.

TRENDING :  Ini Dia! Kuliner Asli Kudus Yang Akan Dihidangkan Untuk Tamu Pentas Seni di TMII
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat menjadi Irup Upacara Hari Kesaktian Pancasila (Foto: YM)

Dengan mengambil tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia tersebut. Dalam sejarahnya, Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965 berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S).

Dalam peristiwa berdarah tersebut, enam jenderal TNI AD dan satu perwira pertama TNI AD menjadi korban meninggal.

TRENDING :  PWI Kudus Gelar Pameran Poster di Arena CFD, Ajak Masyarakat Perangi Hoax

Enam jenderal itu yakni Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

HM Hartopo berharap dengan diperingatinya peristiwa bersejarah tersebut, dapat menjadi pelajaran penting bagi generasi penerus
agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda-beda, seperti yang tertuang dalam teks Pancasila yang sudah kita sepakati bersama.

TRENDING :  Mobil Layanan Kependudukan Bergerak Dekatkan Warga Urus Dokumen Adminduk

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan peristiwa penting untuk menjadi pelajaran bagi kita sebagai generasi penerus, selain untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi, tetapi juga untuk menjaga agar G30S tidak dapat terulang lagi,” Ujarnya

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Kudus, Asisten Sekda , kepala OPD beserta camat, dan diikuti pula oleh ASN dilingkungan pemerintah Kabupaten Kudus, Unsur TNI Polri, Pelajar serta beberapa Organisasi kepemudaan di Kabupaten Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :