Hari Pertama PPDB Online SMP di Kudus, Masih Ada Orang Tua Calon Siswa Datangi Sekolah

oleh -1,274 kali dibaca
Foto: Terlihat orang tua saat mengantarkan anaknya daftar di SMP 2 Kudus

Kudus, isknews.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus hari ini mulai melaksanakan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2024/2025. Tahapan PPDB kali ini yakni meng-upload dokumen secara online melalui website https://kudus.siap-ppdb.com

Meskipun dilaksakan secara online, namun masih juga terdapat orang tua calon siswa yang mendatangi sekolah-sekolah yang akan dituju. Seperti yang terjadi di SMP 2 Kudus pada Senin, 24 Juni 2024.

Bersama orang tuanya, sejumlah calon pesera didik yang masih mengenakan seragam SD (atasan putih, bawahan merah) terlihat di Posko PPDB di sekolah setempat.

Kepala SMP Negeri 2 Kudus, In Setyorini mengaku memang PPDB sudah dilakukan secara online, akan tetapi pihaknya tetap melayani apabila orangtua mengalami kendala dalam proses pendaftaran.

“Kebanyakan yang kesini memang hanya memastikan apakah anaknya sudah terdaftar apa belum, lebih mantap kayaknya, dan tahun ini pada hari pertama termasuk tidak banyak, mungkin orang tua sudah mulai familiar dengan PPDB online,” terangnya kepada wartawan.

Pihaknya telah menyiapkan 6 tenaga verifikator yang bertugas untuk mengecek data calon peserta didik yang telah mendaftar secara online.

Dari laman https://kudus.siap-ppdb.com pukul 14.11 Senin (24/6/2024), terlihat hari pertama sudah ada 90 siswa pendaftar, Jarak terdekat tercatat 142 meter, sementara jarak terjauh 2163 meter.

Daya tampung di SMP Negeri 2 Kudus sendiri sebanyak 224 siswa, dengan rincian kuota jalur zonasi 50 persen atau 112 siswa, kuota jalur afirmasi 15 persen atau 33 siswa, kuota jalur prestasi 30 persen atau 67 siswa. Serta, kuota perpindahan orangtua 5 persen atau 12 siswa.

Sementara itu, Sundari salah satu orangtua siswa mengatakan jika dirinya telah mendaftarkan anaknya secara online, sementara dating ke SMP 2 Kudus hanya untuk memastikan,

“Kami sudah daftar online mas, kesini hanya memastikan saja, semoga bisa masuk lewat jalur zonasi,” doanya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :