Hasil Pengamatan Hilal Di Kabupaten Kudus “Hilal Tidak Terlihat”

oleh -956 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pelaksanaan kegiatan Rukyatul Hilal oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah Kementerian Agama Kabupaten Kudus pada sore ini di Universitas Muria Kudus (UMK) Minggu, (05/06), beberapa para ahli ilmu Falak pun turut hadir dalam kegiatan pengamatan hilal sebagai penentuan awal bulan suci Ramadan 1437 H diantaranya BHRD Kemenag Kudus, STAIP Pati, PC Lajnah Falakiyah NU, Kudus Astronomi Club, Tim Hisab Rukyat Ponpes Sirajul Hannan, MA NU Wahid Hasyim Salafiyah, dll.

Proses pengamatan hilal yang dilakukan oleh BHRD Kudus di UMK tersebut dengan menggunakan beberapa alat pendukung sebagai pengamatannya seperti teropong maupun maupun lainnya. sehingga hilal (bulan) pada posisi 03 drajat 51 menit 01 detik berada di selatan matahari, dengan ketinggian hilal mencapai 03 drajat 43 menit 38 detik dan umur bulan 07 jam 26 menit 42 detik.

Ketua BHRD Kemenag Kudus Drs H Sulthon saat ditemui oleh isknews.com dilokasi mengatakan dari hasil Rukyatul hilal itu pada pukul 17:37 wib dengan ketinggian bila mencapai 2 drajat hilal tidak terlihat dikarenakan kondisi berawan.

“Hasil untuk kegiatan Rukyatul hilal di Kabupaten Kudus hilal tidak terlihat dikarenakan tertutup awan” terangnya.

Sementara itu, meski hilal tidak terlihat di Kabupaten Kudus keputusan penetapan awal bulan Ramadan 1437 H itu menunggu keputusan Kementerian Agama pusat.(SM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :