Hujan Intensitas Tinggi, 4 Desa di Kecamatan Mejobo Terdampak Banjir

oleh -227 kali dibaca
Sejumlah anak saat bermain genangan air akibat banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di Mejobo.

Kudus, isknews.com – Intensitas hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Kudus selama dua hari ini menyebabkan sejumlah Desa di Kecamatan Mejobo terdampak banjir.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus, Budi Waluyo saat ditemui di Balai Desa Kesambi, Mejobo mengatakan, dengan adanya curah hujan yg sangat tinggi mengakibatkan sungai-sungai yang melintas di wilayah kec mejobo menjadi naik.

“Hal tersebut terdampak pada sejumlah sungai yang melintasi wilayah Kecamatan Mejobo dan pada sejumlah titik mengalami pelimpasan hingga ke jalan dan halaman rumah warga,” katanya, Selasa (19/01/2021).

Pihaknya kini sedang melaksanakan pemantauan wilayah bersama forkopimcam dan Kalak BPBD

“Koordinasi dengan Dinas PUPR, PSDA Prop dan BBWS terkait titik – titik yang rawan. Dan kami juga berkoordinasi dengan Puskesmas Mejobo melakukan oengobatan gratis kepada warga di Desa terdampak yakni Temulus, Kesambi dan Golantepus,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Camat Kecamatan Mejobo, Mohammad Fitrianto menjelaskan, menurutnya sejumlah desa yang terdampak diantaranya, Desa Kesambi, Temulus, Golantepus dan Mejobo.

“Di Kesambi, Sungai Piji sempat meluap berada di jembatan 3, 4, 7, 8 dan 9.
Luapan menggenangi akses jalan utama dan gang pemukiman dengan ketinggian 20 cm. Kondisi saat ini air sudah menurun dan masih kategori aman dan tetap siaga,” kata Fitrianto.

Kondisi terdampak berikutnya yakni Desa Temulus, Sungai Dawe yang melintas debit airnya tinggi hampir ke permukaan bibir tanggul dan kondisi masih relatif aman dan tetap siaga.
“Beberapa akses jalan tergenang sekitar 20- 30 cm dan masuk rumah, ada sebanyak 5 rumah,” kata dia.

Sedangkan di Desa Golantepus, kondisi sungai Mrisen debit air tinggi dan meluap di wilayah RW 2, kondisi genangan air di jalan setinggi 20 – 30 cm dan genangan masuk rumah sebanyak 3 rmh dengan ketinggian 5 cm. “Kondisi saat ini sdh mulai surut,” terangnya.

Sementara di Desa Mejobo, terjadi genangan air di jalan utama pada perempatan Indomart dengan ketinggian sekitar 30 cm.

“Kondisi rawan, terletak pada tanggul Sungai Piji di desa Hadiwarno dan Kesambi sdh pada merembes dan perlu penguatan tanggul,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.