Inovasi Singmantap Masuk 10 Terbaik Penghargaan Inovasi Geospasial 2017

oleh -955 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui inovasi Interkoneksi Sistem Informasi Manajemen Tata Ruang Menuju Pelayanan Perijinan Prima atau yang dikenal dengan nama SINGMANTAP masuk sepuluh terbaik penghargaan inovasi pemanfaatan informasi geospasial tahun 2017, yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG) yang ada di Cibinong Jawa Barat.

Usai menyisihkan 25 inovasi terbaik dari kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Jepara yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi, Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappeda Jepara Farikah Elida, ST, MT, Rabu (06/09/2017) diminta untuk melakukan pemaparan SINGMANTAP sebagai salah satu inovasi pemanfaatan informasi Geospasial dihadapan tim penilai.

Dengan didampingi tim SINGMANTAP, Farikah Elida menjelaskan SINGMANTAP adalah sebuah inovasi dalam memberikan pelayanan perijinan yang efektif, efisien, dan ekonomis kepada masyarakat secara online dengan mensinergikan kebijakan tata ruang sebagai dasar pelaksanaan pembangunan dan investasi di Kabupaten Jepara.

Disampaikan Elida, selama ini masyarakat dalam penerbitan surat keterangan tata ruang (SKTR) masih menggunakan cara yang manual, namun dengan SINGMANTAP ini dapat dilakukan secara online dan cepat.

Dalam informasi geospasial ini, SINGMANTAP ini dapat dijadikan sebagai alat kontrol dan berperan untuk memberikan informasi mengenai lokasi lahan yang akan disesuaikan kesesuaian pemanfaatan ruangnya serta jenis kegiatan yang diperbolehkan pada peruntukan lahan tersebut. Sehingga kegiatan yang nantinya ada pada lokasi tersebut sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan. “Dapat pula sebagai pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang di Jepara,” katanya.

Selain Kabupaten Jepara, sembilan kabupaten/kota terbaik lainnya yaitu Semarang, Temanggung dan Sragen untuk wilayah Jawa Tengah. Selain itu ada kota Bogor, Bandung, Banyuwangi, Manado, Pekanbaru dan Surabaya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :