Jaga Produktivitas, Penyuluh Tetap Dampingi Petani Meski Pandemi

oleh -415 kali dibaca
Dokumentasi Dispertan Pangan Kudus.

Kudus, isknews.com – DI masa pandemi Covid-19, penyuluh diharapkan tetap bisa berperan mendampingi petani. Tujuannya untuk memastikan produksi pertanian tetap berjalan.

Agar petani bisa menerapkan Good Agriculture Practices (GAP), mengunakan pupuk berimbang serta mekanisasi pertanian dan pengendalian hama penyakit secara ramah lingkungan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto mengatakan, Pandemi masih terjadi dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) juga dilakukan skala mikro daerah tertentu. Namun aktifitas dunia pertanian harus tetap berjalan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Sehingga imun masyarakat tetap meningkat.

Aktifitas pertanian ini tetap mendapatkan pendampingan dari penyuluh pertanian masing-masing BPP di kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penyuluh pertanian hadir di hamparan tanaman cabai poktan Sumber Makmur Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu. Tanaman cabai ini dibutuhkan masyarakat terutama pada Hari Raya Idul Fitri tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Pada hamparan poktan Sidodadi Desa Mijen, penyuluh pertanian mendampingi petani yang mulai menanam jagung pada MT III setelah sawahnya panen padi.

Sedang pada hamparan yang ketersediaan airnya cukup, maka sudah melakukan pembibitan padi umtuk MTIII. Seperti terlihat di hamparan Poktan Sumber Makmur Desa Kedungdowo.

Sementara di Desa Hadiwarno, terpatnya di hamparan poktan Tani Makmur penyuluh pertanian monitoring pertanaman padi yang sedang fase premodia.

“Semoga semua tanaman tersebut mencapai panen dengan selamat dan hasilnya maksimal,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :