Kantong Plastik Berbayar Mulai di Berlakukan di Kudus

oleh -1,005 kali dibaca

Kudus, isknews.com – (24/02) Dari data Kantor Lingkungan Hidup Kudus, Kabupaten Kudus pada tahun 2014 menghasilkan sampah plastik sebanyak 2,77 Ton setiap harinya dari 153,9 Ton sampah yang dihasilkan. Jumlah sampah kantong plastik akan sangat besar apabila dihitung dari semua Kabupaten Kota di Seluruh Indonesia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun mengeluarkan surat edaran tentang “Langkah Antisipasi Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Pada Usaha Ritel Modern” yang akan dimulai sejak 21 februari lalu. Sampai saat ini di Kabupaten Kudus sendiri belum semua usaha ritel memberlakukan aturan tersebut karena aturan tersebut masih dalam tahap percobaan dan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten atau Kota Itu sendiri.

Walaupun demikian, di Kudus sudah ada beberapa usaha ritel yang memberlakukan kantong plastik berbayar. Pada usaha ritel tersebut 1 kantong plastik dihargai dengan nilai 200 Rupiah dan sudah diberlakukan mulai tanggal 20 Februari kemarin. Untuk mensosialisasikan kantong plastik berbayar, usaha ritel tersebut memasang pengumuman di dekat kasir penjualan mereka agar setiap pembeli yang datang dapat membaca dan mengetahui aturan baru tersebut.

Moko, Kasi Pengembangan Kapasitas dan Pengamanan Lingkungan (PKPL) kantor LH Kudus saat dihubungi isknews.com menyatakan “peraturan kantong plastik berbayar di Kabupaten Kudus masih dalam tahap percobaan, sedangkan untuk kemana uang 200 rupiah per kantong plastik diarahkan, Kantor Lingkungan Hidup belum bisa memberitahu karena belum adanya petunjuk teknis dari Kementrian Lingkungan Hidup” (Fa, Udin)

KOMENTAR SEDULUR ISK :