Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara Luncurkan Program KSWP

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara bersama Pemkab Jepara terus berupaya meningkatkan pendapatan dari sektor pajak dengan berbagai inovasi. Yang terbaru yakni program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP). Program KSWP diluncurkan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (PMPT) Kabupaten Jepara, Jum’at (10/02/2017).

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara Endaryono menyampaikan, program KSWP merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat administrasi perpajakan. Serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

“Masyarakat dan badan yang hendak mengurus perijinan di Dinas PMPT harus sudah beres urusan perpajakannya. Status perpajakannya akan divalidasi melalui portal KSWP,” katanya.

Program ini diluncurkan, kata Endaryono, lantaran tingkat kepatuhan wajib pajak di Jepara ini masih sangat rendah. Terutama wajib pajak pribadi non karyawan, tingkat kepatuhannya hanya 22 persen.

“Jadi sebelum Dinas PMPT menerbitkan perijinan status nomor pokok wajib pajak (NPWP) harus sudah terdaftar dan valid. Selain itu, sudah melaporkan kewajiban perpajakannya selama dua tahun berturut-turut,’ jelasnya.

Endaryono menambahkan, program KSWP, akan diterapkan di seluruh kantor perijinan. Itu sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 112 tahun 2016 tentang konfirmasi status wajib pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan pemerintah daerah. “Kalau kedua hal itu belum beres, maka harus mengurus dulu di kantor perpajakan. Setelah itu proses perijinan baru bisa dilakukan,” tandasnya.(ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :