Khas Jawa Timur: Incip Soto, Rawon Surabaya hingga Sop Balungan yang Bikin Goyang Lidah

oleh -441 kali dibaca
Bufet SSR di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. (Foto: My)

Kudus, isknews.com – Jika anda termasuk penggemar kuliner tapi sering bingung saat mencari menu buka puasa, berikut ini ada rekomendasi kuliner dengan cita rasa yang bikin nagih. Datang dari kuliner Khas Jawa Timur namun bisa dinikmati oleh warga Kudus tanpa harus datang jauh-jauh ke sisi timur Pulau Jawa.

Warga Kudus hanya perlu mampir ke Bufet SSR di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Tidak susah untuk mencari tempat kuliner khas Jawa Timur ini. Pengunjung cukup berjalan ke arah Timur sejauh 1 kilo meter dari SPBU Krawang, Jekulo. Lokasinya berada di kanan jalan.

Ada tiga menu utama yang disajikan di warung makan ini. Yakni, Soto Surabaya, Sop Balungan, serta Rawon Surabaya. Dijamin akan menggoyang lidah penikmat kuliner di Kudus.

Rawon dan Sop Balungan khas Surabaya di Bufet SSR bu Lilik Desa Tanjungrejo (Foto: My)

Pemilik Bufet SSR, Lilis Asmawati (46 tahun), menyebut, cita rasa masakan yang disuguhkan benar-benar khas dari Jawa Timur. Namun, tetap dimodifikasi sedikit agar cocok untuk lidah warga Kudus.

Soto Surabaya yang disuguhkan juga lengkap seperti yang bisa ditemui di wilayah Jawa Timur. Yaitu, dipenuhi dengan mi soun, sayuran kol, daun bawang, bawang goreng, telur ayam, keripik kentang, koya, dan suwiran ayam.

“Kalau kuahnya warnanya kuning jernih,” tambahnya.

Kemudian, untuk Rawon Surabaya dicirikan dengan kuah hitamnya dari kluwak tanpa santan. Ditambah pula dengan kecambah, daun bawang, bawang goreng, dan sambal terasi.

Sedangkan, sop balungan disini diungkapkan oleh Lilik menjadi primadona yang sering dipesan pelanggan. Hal ini karena daging dari balungan yang disajikan dinilai sangat empuk dan nikmat.

“Sayurannya ada kentang, wortel, kol, daun bawang, bawang goreng, dan irisan tomat,” imbuhnya.

Untuk harganya sendiri, Lilik menjelaskan, Soto Surabaya dipatok seharga Rp 15 ribu, Sop Balungan seharga Rp 23 ribu, serta Rawon Surabaya seharga Rp 23 ribu.

Menariknya, ditempat ini pembeli bisa mengambil nasi sepuasnya hanya dengan Rp 4.000. Lalu, bisa mengambil kerupuk sebanyak-banyaknya secara gratis.

“Jadi yang datang kesini pokoknya dijamin akan puas dan tidak akan kecewa, baik soal rasa maupun harga dan porsi yang ditawarkan,” ujarnya.

Selain ketiga menu utama tersebut, Bufet SSR juga menyediakan masakan lainnya. Seperti, empal daging, empal babat, empal paru, empal limpa, ayam goreng srawut, dan kepala ati ampela srawut. Adapula, aneka camilan dan minuman yang menemani selera makan pembeli.

“Kita selain tempat duduk juga melayani lesehan, jadi kalau mau lesehan nanti kita siapkan dan sudah ada tempatnya,” tuturnya.

Di tempat ini juga dilengkapi dengan fasilutas musala dan kamar mandi. Tidak perlu khawatir datang saat ramai, karena tempat parkir di Bufet SSR juga sangat luas. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :