Kondisi Dua Pasien Positif Covid-19 di Kudus Terus Membaik, Uji Swab Tahap Dua Negatif

oleh

Kudus, isknews.com – Dua pasien yang kemarin dinyatakan positif covid-19 kini kondisinya semakin baik, bahkan hasil uji swab kedua yang dilakukan terhadap pasien tersebut keduanya sudah menunjukkan hasil yang negatif. Namun begitu pasien itu belum bisa dinyatakan sembuh, sebab tiap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 harus menjalani tiga kali tahap swab.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus, dr. Andini Aridewi usai mengikuti rapat koordinasi penanganan pemudik yang dipimpin oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo di Command center, Senin (06/04/2020).

TRENDING :  Komisi D DPRD Kudus Nilai Puskesmas Kurang Prioritaskan Fungsi Promotif dan Preventif

Dijelaskannya dua pasien yang kini menjalani perawatan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dan RS Mardirahayu Kudus itu pada masing-masing tahap dilakukan dua kali pengambilan sampling swabnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus, dr. Andini Aridewi

“Ini artinya ada perbaikan dari kondisi pasien, kita berharap nanti pada hasil swab yang ketiga akan tetap menunjukkan negatif covid-19,” ujar Andini.

TRENDING :  Banyak Yang Purna dan Mutasi, 56 Sekolah Di Kudus Tak Miliki Kepala Sekolah

Swab tahap tiga, kedua pasien tersebut diperkirakan akan keluar beberapa hari kedepan. Bila hasil swab tahap ketiga ini menunjukkan hasil positif. Maka kedua pasien tersebut dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

“Saat ini memang masih dilakukan isolasi. Untuk memastikan kecukupan nutrisinya dan kemudahan pemantauan perkembangan kesehatan dari kedua pasien,” katanya.

Menurut Andini, pasien Covid-19 bisa sembuh jika tata laksana isolasi mandiri dilakukan dengan benar.

TRENDING :  Pendapatan Parkir di Balai Jagong Bocor, Plt Bupati Akan Terapkan Parkir Elektronik

Sementara itu, terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kudus. Hari ini ada 178 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 105 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dimana 25 PDP dirawat di empat rumah sakit di Kudus. Yakni RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, RS Mardirahayu, RSI Sunan Kudus dan RS Kumala Siwi.

Lalu 68 PDP diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 12 PDP lainnya meninggal dunia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :