KONI Kudus: Rp 25 Miliar, Estimasi Anggaran Penyelenggaraan Porprov 2022

oleh

Kudus, isknews.com – Sebagai salah satu dari enam kabupaten penyelenggara bersama gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI Tahun 2022 yang dijadwalkan akan dilangsungkan di wilayah Pati Raya selaku tuan rumah.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus, Antoni Alfin optimistis, Kudus akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara.

Sejumlah persiapan telah dia lakukan terkait sarana dan prasaran, mulai venue, atlet hingga pelatih hingga infrastruktur kegiatan pesta olahraga terbesar di Jawa Tengah ini.

“Saat ini kami dan sejumlah pengurus serta para ketua pengkap cabang olahraga, sedang mengkalkulasi anggaran yang akan kami ajukan. Termasuk anggaran untuk kegiatan seremoni dan pemberian bonus atlet dan pelatih serta akomodasi dan penginapan kontingen,” ujar Anton beberapa waktu lalu.

Menurutnya, saat ini semua persiapan sudah dilakukan. Anggaran untuk kegiatan seremoni di Kudus dan bonus atlet pun sedang diperhitungan.

Antoni Alfin, ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus (Foto: YM)

‘’Estimasi anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 25 miliar, tapi ini bukan angka baku, karena semua masih dalam tahap perkiraan, nanti akan kami hitung bersama,’’ kata Antoni baru-baru ini.

Secara rinci, Antoni menjelaskan, anggaran sebesar itu untuk pemberian bonus para atlet peraih medali emas, perak dan perunggu sekitar Rp 13 miliar. Sisanya, untuk menyewa penginapan dan seremoni penutupan Porprov Jateng XVI yang rencana akan dilaksanakan di Staidon Wergu Wetan Kudus.

‘’Anggaran itu nanti akan kami ajukan dulu ke DPRD,’’ ujarnya.

Khusus bonus atlet, Dia menuturkan, akan melakukan studi banding ke daerah yang disebut pemberian bonusnya cukup besar, seperti Banyumas, Kota Semarang dan Surakarta.

Kunjungan itu dilakukan agar tidak terjadi kecemburuan antar atlet dan menindaklanjuti arahan dari Plt Bupati Kudus HM hartopo.

‘’Minimal sama dengan daerah yang memberikan bonus atlet tertinggi di Jateng,’’ imbuhnya.

Disinggung soal target, Antoni kembali menegaskan Kudus minimal harus bisa menduduki tiga besar dengan perolehan 69 medali emas dari berbagai cabang olahraga yang dilombakan.

‘’Minimal sama dengan Porprov tahun sebelumnya tiga besar,’’ ujar Antoni. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :