KPUD Gelar Tahapan Sosialisasi Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019

oleh -959 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus, pagi tadi laksanakan sosialisasi Tahapan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019, dalam kesempatan tersebut tidak hanya pada sosialisasi parpol saja, KPUD juga memberikan arahan mengenai mekanisme pendaftaran, penelitian administrasi dan verifikasi partai politik peserta pemilu.

Acara digelar di salah satu ruang pertemuan di hotel @hom jalan tanjung Kudus, bertindak selaku pembicara adalah Ketua KPUD Kudus Moh.Hanafi, Naily Syarifah  Divisi hukum KPU Kudus, dan  Heri  selaku Kasubag Hukum Pemkab Kudus, Senin (2/10/17).

Menghadirkan para fungsionaris dan staf Partai Politik yang ada di Kudus juga di hadiri oleh  Rifan Awaludin dari Panwaslu Kabupaten Kudus.

Dalam arahannya Moh Khanafi selaku ketua KPUD Kudus, menyampaikan, bagaimana proses s pendaftaran parpol menjadi peserta pemilu kepada para audiens, “Dokumen pendaftaran diserahkan kepada KPU kemudian dilaksanakan pemeriksaan kelengkapan berkas pendaftaran apabila telah memenuhi persyaratan maka akan di berikan tanda terima kelengkapan berkas pendaftaran,” jelasnya.

Dijelaskan oleh Khanafi, .Sosialisasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi KPU, panwaskab dan parpol peserta pemilu dalam proses pelaksanaan verifikasi kelengkapan dan kebenaran data parpol yang akan mendaftar sebagai peserta pemilu.

“ Sukses tidak hanya ditangan penyelenggara tetapi semua elemen peserta pemilu harus memiliki persepsi yang sama dalam proses dan pelaksanaan pemilu.,” ungkapnya.

Pada sesi yang dijelaskan oleh Naily Syarifah atau yang biasa di panggil Nely , Divisi Hukum KPU Kudus, menyampaikan Parpol lama dan baru untuk dapat mengikuti pemilu tahun 2019 harus mendaftar kepada KPU dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“ Terdaftar di Kemenkumham, memiliki kepengurusan di setiap propinsi – 75 % jumlah kab/kota di provinsi – 50 % jumlah kecamatan di Kabupaten Kudus,  30 persen keterwakilan perempuan dan  memiliki anggota sebanyak 1000 atau 1/1000 (satu per seribu) dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol di tingkat Kabupaten,” katanya.

Sementara persyaratan parpol sebagai peserta pemilu adalah memiliki kantor tetap kepengurusan tingkat pusat,provinsi dan kabupaten, mengajukan nama lambang dan tanda gambar parpol ke KPU, menyerahkan nomor rekening atas nama partai politik tingkat pusat, provinsi, dan Kabupatena kepada  KPU

Dijelaskan pula mengenai alur penyampaian materi terkait proses pendaftaran, penelitian administrasi dan verifikasi parpol peserta pemilu, dokumen persyaratan sebagai peserta pemilu,  pendaftaran Partai politik, penelitian administrasi dan verifikasi persyaratan peserta pemilu, verifikasi faktual persyaratan peserta pemilu, verifikasi faktual kepengurusan, verifikasi faktual keanggotaan dan metode verifikasi faktual keanggotaan parpol.

Dalam sosialisasi tersebut juga di jelaskan bahwa Tim verifikator akan diambilkan dari internal KPU Kudus dengan tujuan meminimalisir permasalahan di lapangan terkait penguuasaan wilayah verifikasi. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :