KPUD Peroleh Alokasi APBD 15 M Dalam Gelar Pilkada Kudus 2018

oleh -860 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus yang di jadwalkan akan di gelar pada tahun 2018, Anggaran dana bersumber dari APBD Kabupaten Kudus dan di alokasikan bagi kegiatan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus adalah sebesar Rp. 15, 059 M.

KPUD sebagai lembaga penyelenggara pemilihan umum dan yang berperan mempersiapkan apa-apa saja yang perlu untuk melakukan pemilihan umum serta partisipasi politik masyarakat memperoleh kucuran dana yang teralokasi dalam  dua tahun anggaran,  pada tahun anggaran 2017 ini KPUD memperoleh dana  sebesar 2,7 M sedangkan di tahun 2018 dialokasikan untuk dikucurkan lagi sebesar 12 M .

Hal tersebut disampaikan oleh Kettua Komisi Pemilihan Umum Kabupeten Kudus, Moh Khanafi, di kantornya saat berbincang dengan media ini, Kamis (28/9/17).

“Hingga hari ini anggaran 2017 belum turun karena masih proses pembukaan rekening menunggu kesiapan administrasi-administrasi perbankan dan beberapa hal yang lain,” ujarnya.

Sumber dana yang lain selain dari APBD Kabupaten Kudus, KPUD juga mengelola dana yang bersumber dari  APBN, hanya saja  penggunaannya adalah untuk kegiatan-kegiatan diluar pemilihan bupati, contohnya adalah kegiatan persiapan penggelaran pemilu legislative di 2019.

“ Karena  Bulan ini sudah memasuki tahapan yang dimulai dari  tanggal 23 September,  dalam Undang undang No 7 tahun 2017 kemarin yang baru saja ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo sekitar bulan Agustus, bahwa Bulan Oktober ini sudah memasuki pada tahapan pendaftaran Partai Politik,” terangnya.

“ Lalu untuk selanjutnya pada bulan November dan Desember sudah memasuki tahapan verifikasi Parpol, untuk kegiatan tersebutlah KPUD Kudus akan menggunakan dana yang bersumber dari APBN,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai stimulant  dana yang bersumber dari APBD Provinsi  “ karena kebetulan kita sama pada saat menggelar pilkada bupati kita juga bersamaan akan  menggelar pelaksanaan  Pemilihan Gubernur, sehingga dana dari APBD Provinsi itu terutama untuk membayar honor badan penyelenggara dengan besaran di angka 10 M hingga 11 M,” ungkapnya.

“ Angka tersebut sepintas terlihat besar namun apabila di uraikan sebagai penunjang kegiatan di Hari H pemilihan saja itu sudah memakan dana tak sedikit kalau di hitung dari jumlah TPS yang sebesar lebih dari 1500 TPS, maka angka tersebut menjadi terlihat kecil,” tuturnya.

“Jadi yotal dana yang di kelola oleh KPUD sepanjang tahun anggaran kegiatan adalah sevbesar kurang lebih sebesar RP 27 Milyar,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :