Lahirnya Paguyuban Bank Sampah Di Kudus

oleh -1,031 kali dibaca

Kudus,isknews.com – (6/12) Permasalahan sampah di suatu daerah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun peran masyarakat juga sangat vital. Karena untuk menyelesaikan permasalahan sampah harus dilakukan dari sumbernya yaitu sampah di rumah tangga.

Salah satu program untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan adanya program Bank Sampah. Pada hari ini 6 desember 2012 seluruh Bank Sampah di Kudus sepakat membentuk Paguyuban Bank Sampah dengan nama “Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus”.

“Pengambilan nama Paguyuban ini berdasarkan filosofi dari mutiara itu sendiri yaitu mutiara merupakan sesuatu yang indah dan bersinar, serta mutiara merupakan dzat yang keras dan kuat. Sehingga diharapkan Paguyuban ini memiliki tekat dan maksa seperti Mutiara” Ujar Bambang selaku Ketua Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus terpilih.

Pada pembentukan Paguyuban pagi ini dihadiri 9 Bank Sampah di Kudus serta perwakilan dari Kantor Lingkungan Hidup Kudus sepakat untuk saling berkerjasama dan bertukar ilmu mengenai permasalahan sampah dan pemanfaatan sampah yang dapat dijual kembali. Nantinya Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus ini akan melakukan rapat rutin satu bulan sekali pada hari minggu di awal bulan, rapat nantinya akan diisi kegiatan sharing permasalahan sampah serta belajar bersama mengkreasikan sampah. Nantinya rapat akan dilaksanaakan bergiliran di setiap bank sampah di Kudus.

“Diharapkan dengan adanya Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus ini akan mendorong masyarakat untuk lebih kreatif membuat kreasi dari barang bekas, sehingga mampu meningkatkan sector industri kreatif di Kabupaten Kudus” Ujar Ali Sofian selaku pihak Kantor Lingkungan Hidup saat didatangi isknews.com.

Bambang menambahkan bahwa “pembentukan Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus diharapkan mampu memberdayakan masyarakat sekitar bank sampah itu sendiri untuk peduli terhadap lingkungan dan mau menabung di Bank Sampah

Semoga dengan terbentuknya Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus ini mampu sedikit berperan dalam menjaga lingkungan di Kabupaten Kudus, terlebih untuk mempertahankan penghargaan Adipura yang baru saja didapatkan Kabupaten Kudus.

‪#‎F‬.A

KOMENTAR SEDULUR ISK :