Launching Madrasah Riset dan Akademik MAN 2 Kudus, Menuju Madrasah Uswatun Hasanah

oleh -461 kali dibaca
Madrasah Riset dan Akademik MAN 2 Kudus resmi dilaunching oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Propinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, Jumat (7/5/2021) pagi. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Madrasah Riset dan Akademik MAN 2 Kudus resmi dilaunching oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Propinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, Jumat (7/5/2021) pagi.

Dalam sambutan peresmiannya, lahirnya madrasah riset dan akademik merupakan ikhtiar Kemenag dalam memberikan pembekalan kepada para siswa madrasah khususnya para siswa yang ada di MAN 2 Kudus agar mempunyai trobosan baru atau inovasi. Oleh karena itu, Ia mengharapkan siswa setelah lulus dari madrasah tidak hanya mempunyai pengetahuan agama saja namun juga mempunyai keahlian yang dapat dimanfaatkan di kemudian hari.

“Madrasah riset dan akademik seperti ini sangatlah penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing siswa madrasah secara global dan relevansinya dengan dunia kerja menjadikan tenaga yang siap pakai dalam melakukan aktifitas ditengah masyarakat nantinya,” harap Kakanwil.

Musta’in Ahmad menyebutkan jika madrasah dari waktu ke waktu, khususnya di jawa tengah didorong untuk terus berinovasi dan adaptif, mulai dari dulu ada tagline Madrasah Idolaku, semakin bagus meningkat dan menjadi Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.

Kemudian ada Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Unggulan Insan Cendekia program keagamaan kejuruan, dan terakhir pengembangkan madrasah unggulan dengan basis yang dimiliki, satu diantaranya madrasah riset dan akademik MAN 2 Kudus ini. “Tujuannya pola-pola kebijakan, riset dan akademik menjadi bagus,” harapnya.

Sementara untuk madrasah swasta juga telah kita bentuk Sahabat Madrasah, hal itu guna meningkatkan meratanya pendidikan madrasah, lebih berkualitas, berprestasi, dan berdaya saing.

Sementara Kepala MAN 2 Kudus, Shofi mengatakan, penunjukkan MAN 2 Kudus sebagai madrasah riset membawa implikasi dimana pihaknya wajib menjalankan program riset ini. Adapun bentuk program riset ini bisa berupa kegiatan intrakurikuler maupun ekstra kurikuler. Diharapkan nanti akan lahir peneliti peneliti muda sebagi output dari pembelajaran di madrasah riset.

“MAN 2 Kudus merupakan madrasah yang berani tampil beda serta menjadi madrasah unggul dan kompetitif. Sebagai madrasah akademik berbasis riset, setiap tahunnya MAN 2 Kudus selalu ikut berpartisipasi dalam berbagai kompetisi,” terangnya.

Peresmian tersebut, lanjut Shofi, sebagai tindak lanjut atas apresiasi madrasah dirjen Pendis yang ditunjuk sebagai madrasah akademis untuk menyusun kurikulum menuju madrasah hebat bermartabat.

Selain itu, MAN 2 Kudus juga menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), “Target MAN 2 Kudus menjadi WBK tahun ini, sementara untuk WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) targetnya tahun 2022, untuk itu kita baru menyiapkan supaya MAN 2 Kudus menjadi madrasah ber-zona integritas, artinya tata kelola manajemen pelayanan publik harus benar-benar berintegritas,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :