Lindu Aji Peduli, Bantu Puluhan Paket Sembako Bagi Korba Gempa Bumi Cianjur

oleh -899 kali dibaca
Ketua Ormas Lindu Aji Suhadi bersama pengurus terasnya saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada para kkorban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang disalurkan melalui BPBD KAbupaten Kudus (Foto: istimewa/Lindu Aji)

Kudus, isknews.com – Membantu meringankan beban korban benccana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang mengakibatkan ratusan korban jiwa dan menghancurkan ribuan tempat tinggal warga sehingga mereka kini tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Ormas Lindu Aji Kolocokro Kudus, Jawa Tengah mengirimkan paket bantuan sembilan bahan pokok (sembako) serta kebutuhan balita dan anak bagi korban bencana gempa bumi Cianjur yang mereka salurkan melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus.

Nantinya bersama paket bantuan dari sejumlah elemen masyarakat yang lain akan didistribusikan bersama ke Kabupaten Cianjur. Penyerahan paket bantuan ke BPBD Kudus pun telah dilakukan hari ini. Dibawah pimpinan ketua Lindu Aji Kudus Suhadi bersama belasan pengurus teras Ormas tersebut, Sabtu (10/12/2022).

Ketua Ormas Lindu Aji Kudus Suhadi menuturkan, aksi sosial untuk masyarakat terdampak bencana di Cianjur ini merupakan wujud kepedulian sebagai salah satu ormas yang berlandaskan sosial di Kudus.

Adapun bantuan yang diberikan, berupa 10 kardus mi instan, 10 kardus air mineral, 2 kardus popok bayi, 4 kardus kopi, 2 kardus jahe wangi, 2 kardus sarung, 7 kardus snack anak, 60 picis celana kolor, 60 picis celana dalam, dan 10 picis terpal.

Bantuan logistik ini diadakan melalui iuran sukarela oleh para anggota ormaa Lindu Aji Colocokro Kudus sendiri. Pendistribusian bantuan disalurkan melalui BPBD Kudus lantaran jarak tempuh ke Cianjur dirasa jauh dan memakan waktu.

“Kebetulan BPBD juga mau mengirim kesana lagi, jadi kita titipkan sekalian,” ujarnya.

Kegiatan sosial semacam ini, lanjut Suhadi, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh ormas Lindu Aji. Selain untuk Cianjur, penyaluran bantuan juga di berikan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Pati beberapa waktu lalu.

“Kemarin kita menganggarkan bantuan untuk bencana, karena kita juga jaga-jaga Kudus sendiri kan rawan banjir. Jadi kita persiapkan agar tanggap nanti bilamana terjadi bencana,” tandasnya.

Sementara itu Ahmad Munaji, Kasi Kedaruratan BPBD Kudus mengatakan sumbangan ormas Lindu Aji ini merupakan sumbangan dari Ormas yang ke 30, sebelumnya juga ada berbagai sumbangan dari elemen masyarakat yang lain termasuk dari unsur OPD, pemerintah Desa, kecamatan hingga Kabupaten serta swasta dan dunia pendidikan.

“Sumbangan barang dari Lindu Aji ini kemungkinan akan kami kirimkan pada minggu depan, sambil menunggu para donatur yang lain. Sebab angkatan yang pertama sudah diberangkatkan oleh para relawan kita disana, yang bergabung dengan BPBD Jawa Tengah,” katanya.

Munaji berterima kasih kepada sejumlah warga yang telah bersama menyumbang atas bencana gempa bumi yang terjadi di ianjur Jawa Barat. Posko Bencana Cianjur BPBD Kudus rencananya dibuka selama dua minggu sampai 30 hari, menyesuaikan kondisi selanjutnya.

“Nanti per dua minggu kita evaluasi, karena bencana alam terus bergulir maka sementara ini kita buka hingga sebulan ke depan, sembari menyesuaikan situasi di lapangan,” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.