Manfaatkan Sampah Menjadi Kerajinan

oleh -1,109 kali dibaca

Kudus, isknews.com – (23/11) Sampah di Kabupaten Kudus tercatat 153,9 Ton setiap harinya dan 44 Ton diantaranya berasal dari Rumah tangga (KLH Kudus) Salah satu penanggulangan masalah sampah di Kudus yaitu adanya Bank Sampah, selain menabung sampah, Bank Sampah juga membuat kerajinan dari bahan bakkresek3u sampah.

Salah satu Bank Sampah yang membuat kerajinan yaitu Bank Sampah Jati Asri yg terletak di Desa Jati Kulon. Bank Sampah Jati Asri yg di Ketuai Oleh Ibu Sri ini tidak hanya mengumpulkan sampah, namun juga memanfaatkannya menjadi berbagai macam kerajinan seperti macam-macam tas, bross, gantungan kunci, dll.

Bank Sampah Jati Asri memperoleh bahan untuk membuat kerajinan dari penjual minuman kemasan disekitar rumah. Kerajinan Bank Sampah Jati Asri sudah diberi merk yaitu Seruni Handmade, “peminat dari kerajinan barang bekas cukup besar, mayoritas pembeli dari luar Kudus, Ibu masih memasarkannya dari media sosial seperti FB.

Permintaan yang banyak tidak bisa kami layani karena untuk mendapatkan bungkus minuman yang sejenis ini cukup susah” ujar Bu Sri. Diharapkan dengan semakin banyak Bank Sampah di Kudus akan menggurangi sampah Kota Kudus. #F.A

KOMENTAR SEDULUR ISK :