Masih Ada Pungutan Di MAN 1 Kudus

oleh -3,067 kali dibaca

Kudus, isknews.com– Dana BOS untuk sekolah di kabupaten Kudus sudah mulai beroperasi. Dimana sekolah negeri tidak diperbolehkan memungut biaya bulanan sepeserpun, karena dana BOS sudah meliputi dana ketenagaan , dana investasi, dan dana operasional. Namun tidak demikian halnya dengan Sekolah MAN 1 Kudus.

Banyak aduan yang masuk ke media ini bahwa Sekolah Menengah yang berada dibawah otoritas Kemenag Kudus ini masih melakukan pungutan kepada siswanya, meski dalam resi pembyaran pungutan tersebut masuk ke rekening Komite Sekolah, Lantas kenapa MAN 1 KUDUS masih memungut biaya bulanan kepada siswa sebanyak Rp 100.000,00 /bulan?
Pihak MAN 1 KUDUS ketika dihubungi oleh isknews.com yang diwakili oleh salah satu staf pengajar di sekolah tersebut (20/8) menuturkan bahwa “Dana Rp 100.000,- /bulan itu untuk biaya tabungan rekreasi dan perpisahan, karena dana BOS tidak mencakup pembiayaan kegiatan tersebut” jelas staf guru tersebut.


Namun hal ini berbeda dengan pengakuan salah satu wali murid yang mengadukan hal tersebut, “ Tiap bulan kami ditarik biaya Rp 100.000,- karena, katanya untuk gaji guru honorer di sekolah dan untuk membantu biaya pembangunan gedung sekolah.” ujar salah satu wali murid yang tidak mau disebutkan namanya, “Lalu manakah alasan benar dan bisa dipertanggungjawabkan?”. Tambahnya.

Diharapkan Dana BOS ini bisa dimaksimalkan untuk membantu para siswa dalam bersekolah. Anak – anak bisa mengenyam pendidikan 12 tahun tanpa adanya kendala biaya. Biaya bukan menjadi permasalahan utama sekarang tetapi transparansi diberbagai bidang sekarang yang diperlukan.‪#‎SU  ‪#‎AZA

KOMENTAR SEDULUR ISK :