Melek Literasi, OJK Edukasi Tata Kelola Keuangan ke Pelajar SMP di Kudus

oleh -1,080 kali dibaca

Kegiatan melek literasi dan edukasi keuangan menyasar untuk pelajar SMP di Kudus digelar di Pendapa Kabupaten, pada Kamis (13/6/2024). Kegiatan yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu diapresiasi oleh Penjabat (Pj). Bupati Kudus M. Hasan Chabibie saat membuka kegiatan.

“Kami sangat mengapresiasi atas langkah strategis dari OJK Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus dan PT. BPR BKK Kudus,” kata Hasan.

Menurutnya, kemampuan mengelola keuangan sangat penting dimiliki bagi generasi muda agar dapat membedakan antara kebutuhan konsumtif dan kebutuhan pokok. Untuk itu, pemahaman literasi keuangan sejak dini dirasa perlu diajarkan sehingga siswa tahu proses mengelola keuangan yang bermuara pada _saving money_ (tabungan).

Untuk itu, peran guru sangat diharapkan dalam membimbing pelajar agar mampu menumbuhkan pemahaman terhadap pengelolaan keuangan yang benar dan aman.

Pj. Bupati Hasan berharap ketika manajemen keuangan telah diajarkan dan mampu dipahami sejak dini oleh para siswa, kedepan tidak menutup kemungkinan seorang pelajar mampu memiliki tabungan yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan cita-cita dan harapan untuk masa depan.

Pj Bupati sangat mengapresiasi upaya-upaya OJK untuk senantiasa mengedukasi dan meningkatkan literasi keuangan kelompok pelajar termasuk menyampaikan harapan kepada para generasi muda agar dapat memanfaatkan momentum edukasi keuangan ini untuk lebih mengenal dan memahami produk dan layanan jasa keuangan serta lebih waspada terhadap tawaran investasi ilegal, pinjol ilegal dan judi online yang dapat menimbulkan kerugian.

“Hari ini pelajar berkumpul untuk menggali lebih dalam mengenai pentingnya edukasi keuangan melalui pemahaman keuangan kita memberikan fondasi yang kuat bagi generasi muda untuk mengelola keuangan mereka dengan bijak di masa depan,” harapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :