Menegangkan, Penangkapan ODGJ Ngamuk di Pedawang, Acungkan Sajam Serta Nyaris Bakar Rumah

oleh

Kudus, isknews.com – Seorang warga Desa Pedawang yang selama ini diketahui sebagai pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pagi tadi sempat menghebohkan kampungnya di Desa Pedawang Kecamatan Bae Kudus akibat mengamuk.

Tindakan pria berinisial SIK (47) tahun ini diketahui sudah membuat resah warga dan keluarga sejak sekitar pukul 02.30 dini hari. Dikabarkan SIK sempat nyaris membakar rumah ibunya Hj Hartini, serta memecahkan kaca jendela dan mengancam warga dengan senjata tajam.

Karena diketahui pelaku mengidap penyakit gangguan jiwa, sejumlah petugas Satpol PP Kudus datang bersama petugas medis dari RSUD dr Loekmonohadi Kudus untuk melakukan penangkapan terhadap SIK.

TRENDING :  Warga Kedumulyo Tandangi Polres Pati
SIK pengidap gangguan jiwa yang sempat mengamuk dan membakar rumah di kampungnya Desa Pedawang Kecamatan Bae Kudus (Foto: istimewa)

Proses penangkapan terhadap pelaku berlangsung cukup dramatis dan menegangkan serta memakan waktu lama. Pasalnya, dengan membawa senjata tajam, aparat sempat kesulitan untuk bisa menangkap pelaku. Pelaku akhirnya bisa dievakuasi setelah disuntik dengan obat penenang.

“Saat ini pelaku sudah diamankan dan dirawat di RSUD Kudus,”kata Kepala Satpol PP Kudus, Djati Solechah.

Informasi yang ada, peristiwa mengamuknya pelaku tejadi pada Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu, ada seorang saksi bernama Anisa yang melihat ada api di dalam rumah ibu pelaku.

TRENDING :  Suroso Mantan Lurah Werguwetan Meninggal Saat Antre Di Perusahaan Pembeayaan

Melihat kejadian tersebut, saksi langsung melaporkan ke aparat desa dan diteruskan ke petugas Pemadam Kebakaran. Dengan dibantu warga, akhirnya petugas bisa memadamkan api yang belum terlalu membesar.

Ternyata, saat itu diketahui kalau pelaku yang sengaja membakar gorden di rumah ibunya. Warga dan petugas pun langsung berusaha menangkap pelaku yang saat itu berdiam diri mengunci di dalam rumah.

TRENDING :  Perampokan Konter Mlatinorowito Kudus, Pelaku Ternyata Tetangga Sendiri

Upaya penangkapan pelaku sempat terkendala karena pelaku membawa senjata tajam. Beberapa warga yang berusaha mendekat, sempat dibuat kabur setelah pelaku mengamuk.

Baru keesokan harinya sekitar pukul 09.30 WIB, petugas bantuan dari Satpol PP datang ke lokasi. Dengan menjebol pagar dan mendobrak pintu, petugas akhirnya bisa menangkap pelaku. Dengan disuntik obat penenang, pelaku akhirnya bisa mudah dievakuasi ke RSUD Kudus untuk mendapatkan perawatan medis.

“Untuk kerugian materi berupa gorden dan kasur yang terbakar dengan total sekitar Rp 2 juta,”katanya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :