Mengenal Musang dari Muria Musang Club (MMC)

oleh -1,232 kali dibaca

Kudus_isknews.com–(14/1) Berawal dari 2 sosok, Very dan Fajar yang pada awalnya melihat musang di pasar burung dan tertarik untuk memeliharanya timbullah ide untuk membuat komunitas musang di Kudus yang mereka beri nama Muria Musang Club (MMC). Pada awalnya hanya mereka berdua yang mempunyai musang, setelah beberapa kali kumpul banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk memelihara hewan yang tergolong hewan buas ini.

Sekarang ini MMC sudah berumur 3 tahun dan memiliki anggota yang terjatat sekitar 100 orang, namun tidak semuanya aktif alam berbagai acara yang diadakan. MMC Kudus berada dibawah naungan Musang Lover Indonesia (MLI) dan MLI sendiri setara dengan Pecinta Pelestari Musang Indonesia (P3MI). MMC sendiri merupakan regional pertama di Indonesia yang dinaungi oleh MLI, sedangkan sampai sekarang MLI memiliki lebih dari 50 regional yang tersebar di seluruh Indonesia. MMC Kudus sampai sekarang sudah beberapa kali mendapatkan prestasi, dari tingkat Nasional, MMC Kudus mendapatkan prestasi dalam kategori Musang Baby, dan dari event di Kabupaten Pati MMC Kudus mendapatkan juara 1di 3 kategori Pandan Dewasa, Bulan Dewasa dan Pandan Baby.

Walaupun sampai sekarang belum ada larangan untuk penangkapan musang di alam bebas, P3MI nantinya akan mengembangbiakan musang, sehingga untuk anggota atau masyarakat yang ingin memelihara musang wajib mebeli musang hasil pengembangbiakan. Dan nantinya setiap musang akan memiliki identitas sendiri, sehingga dapat terpantau perkembangannya.

“Untuk menjadi anggota MMC Kudus tidak harus memiliki musang, namun hanya dengan menyukai hewan musang ini saja. Dengan menyukai musang, lama kelamaan mereka juga akan memiliki musang itu sendiri” Ujar Fajar kepada isknews.com. sekarang ini anggota MMC Kudus masih membeli musang dari teman-teman pengemar musang di regional lain maupun di Kudus sendiri. Jebis-jenis musang sangat berfariasi, dari yang paling murah yaitu musang pandan senilai Rp. 450.000, musang bulan seharga 1 juta lebih da nada pula musang dengan harga puluhan juta yaitu dari jenis albino. Umur dari musang itu sendiri mampu menjapai 20 tahun, namun adapula yang 15 tahun atau kurang sudah meninggal, hal ini tergantung perawatan dan cuaca. (Adam)

KOMENTAR SEDULUR ISK :