Mulai H-4, Kontainer Pengangkut Mebel Tak Boleh Melintas

oleh -876 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Truk kontainer pengangkut mebel tidak diperbolehkan lewat di jalan nasional mulai H-4 sampai H+3 lebaran. Hal ini sesuai dengan SK Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan nomor SK.2717/AJ.201/DRDJ/2017 tentang pengaturan lalu lintas dan pengaturan angkutan barang pada masa lebaran 2017. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu, yang memberikan pengecualian terhadap angkutan barang ekspor yang masih diperbolehkan lewat selama lebaran. Hal ini disampaikan oleh Kabid Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Setyo Adhi, Kamis (8/6/2017).

Menurut Adhi, tahun ini memang tidak ada pengecualian terhadap angkutan ekspor sebagaimana tahun lalu sehingga truk kontainer juga tidak boleh lewat sebagaimana angkutan lainnya. Di dalam SK itu, lanjut Adhi, ada dua hal yakni angkutan mobil barang galian atau tambang dilarang melintas jalan nasional mulai H-7 sampai H+7 lebaran. Sementara itu, angkutan berat 14 ribu kg termasuk kereta gandeng dan tempelan mulai  H-4 sampai H+3 tidak diperbolehkan melintas.

Selain itu, kata Adhi, juga ada pembatasan operasi mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih kecuali angkutan BBM dan BBG, angkutan ternak, pos serta bahan pokok. “Selain angkutan-angkutan tersebut tentu tidak diperbolehkan melintas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Adhi menambahkan, untuk pengawasan terhadap aturan itu, pihaknya akan langsung melakukan pengawasan di sejumlah posko pelayanan dan posko keamanan yang dibentuk selama lebaran. “Jika nanti ditemui akan langsung diberhentikan dan ditilang. Tidak ada sanksi khusus. Hanya saja pengalaman tahun lalu tidak ditemukan, sebab Jepara bukan jalur utama. Jika ada mungkin sudah lebih dulu diberhentikan di jalur lain sebelum di Jepara,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :