Ngabuburit Di Kebon Melon Komunitas Bengkel Bumi

oleh -1,130 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ngabuburit adalah satu istilah dari bahasa Sunda yang artinya menunggu datangnya waktu maghrib atau menunggu matahari sore terbenam. Sudah bertahun tahun kebiasaan ini dilakukan oleh masyarakat Sunda (Jawa Barat) khususnya anak-anak muda, akan tetapi keluarga muda (orang muda yang sudah berumah tangga) pun kadang tak ketinggalan ikut berbaur menikmati waktu sore yang cerah.

Begitupun suasana ngabuburit di kebun melon Mlati Kidul sebelah timur kantor Dikdispora. Memang dalam nuansa Ramadhan ini kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat ketika bercengkerama sore hari sambil menunggu buka puasa yang ditunggu-tunggu. Suasana komplek komunitas bengkel bumi dengan berbagai kegiatan pertanian dan peternakan yang variatif memancing para pengunjungnya untuk melihat-lihat berbagai jenis tanaman dan buah buahan disekitar lokasi. Belum lagi angin yang sepoi-sepoi terasa menyejukkan siapa saja yang bersantai di kebun tersebut. Tak salah jika kebun komunitas bengkel bumi menjadi salah satu alternative untuk ngabuburit dan bisa memanen melon dibawa pulang ke rumah.

Ada satu kegiatan menarik yang ditawarkan oleh Titung selaku pemilik kebun melon dan sekaligus kordinator paguyuban bengkel bumi Kudus kepada para pengujung yang sedang melakukan kegiatan ngabuburit, yakni pengunjung boleh memetik dan memilih sendiri buah melon madu yang saat ini sedang panen raya, setiap pengujung yang berkunjung ke lokasi (kebun melon) dipersilahkan melihat-lihat dan boleh membawa pulang buah melon miliknya.

Hanya dengan mengganti ongkos tanam satu buah Rp. 10.000; dan yang besar Rp. 15.000; setiap pengujung bisa membawa pulang melon madu yang manisnya serasa madu, ide kreative kegiatan memanen melon dengan memetik sendiri ini baru berlaku di bulan Ramdahan tahun ini. “itung itung untuk sedekah di bulan ramadhan, sekaligus ibadah karena memberikan buka puasa bagi para muslimin dan muslimat, makanya saya tidak menjual, hanya minta ongkos / biaya tanam “ tambahnya.

Selain itu, kegiatan ngabuburit di lahan pertanian di bulan ramdhan ada manfaat dari sisi ibadah, juga ada kemanfaatan dari sisi pembelajaran serta pengenalan pertanian kepada para pengujung, karena bisa mendapatkan pelajaran gratis, dengan melihat lihat secara langsung di komplek paguyuban bengkel bumi.

Bagi anda yang penasaran ingin menunggu buka puasa sekaligus membawa pulang buah melon madu silahkan datang ke komplek paguyuban bengkel bumi di Mlati Kidul. 100 meter dari kantor DISDIPORA Kudus. Bila ingin komunikasi bisa kontak ke 081914020218 (Adv.)

KOMENTAR SEDULUR ISK :