Olimpiade SAINS di Mts NU Banat Kudus Diikuti 247 Peserta eks-Karesidenan Pati dan sekitarnya

oleh -1,087 kali dibaca
Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus, Suhadi, saat memberian sambutan di opening ceremony olimpiade SAINS dan lomba-lomba.

Kudus, isknews.com – Memperingati Harlah ke-84 Banat NU Kudus, Sebanyak 247 Siswi SD/MI sederajat se eks-Karesidenan Pati dan sekitarnya mengikuti Olimpiade SAINS di Mts NU Banat Kudus, yang digelar Sabtu (22/1/2024).

Selain Olimpiade SAINS (Mapel Matematika, IPA dan IPS) juga digelar lomba Kaligrafi dan Lagu Religi.

Kepala MTs NU BanatKudus, Nor Khusomah, M.Pd., mengatakan antusias peserta di olimpiade SAINS, lomba kaligrafi dan lagu religi tahun ini sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya pendaftar tidak hanya dari eks Karesidenan Pati.

Peserta sebanyak 247 dari 48 SD/MI sederajat dari Eks Karesidenan Pati dan sekitarnya (Rembang, Semarang, Demak). Diantaranya ada Mapel Matematika (57 peserta), IPA (68 peserta), IPS (58 peserta), Kaligrafi (33 peserta) dan lagu religi (31 peserta). Mereka memperebutkan medali, sertifikat dan uang pembinaan, masing-masing juara pertama Rp700 ribu,  juara kedua Rp500 ribu, juara ketiga Rp300 ribu,” terangnya.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan kali ketiga diadakan, pertama di tahun 2018, 2019 jeda pandemi covid-19 dan tahun ini (2024) kembali diadakan, dengan penambahan cabang lomba,” sambung Nor Khusomah.

Tujuan diadakan kegiatan tersebut, lanjutnya, sebagai upaya untuk menunjukkan komitmen Mts NU Banat Kudus sebagai madrasah yang unggul dalam akademik.

Terlebih di tahun 2020 Mts NU Banat Kudus  telah mendapatkan SK dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI sebagai salah satu madrasah yang menyelenggarakan pembelajaran riset.

Nor Khusomah melanjutkan, Olimpiade SAINS juga sebagai wadah untuk menghimpun berbagai talenta sains, mengembangkan karakter, mengarahkan minat dan bakat generasi muda melalui sains untuk mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045.

Pihak panitia sebelumnya telah sosialisasi ke media sosial, juga meyebar Juknis Lomba ke sejumlah sekolah SD/MI.

Sementara teknis lomba nya, awal pedaftaran dilakukan pada tanggal 3 -17 januari 2024, tanggal 18 januari dilakukan Technical Meeting (TM).

Turut hadir dalam pembukaan seremoial Olimpiade SAINS, diantaranya Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus, Suhadi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kudus, Salma Munawwaroh, Ketua PC LP Ma’arif NU Kudus, Ridwan dan perwakilan dari Bakti pendidikan Djarum Foundation.

Pengumuman Juara

Final Olimpiade IPA lomba harlah Madrasah NU Banat ke 84, juara 1 diraih MIN Kudus atas nama Annisa Zahra Clarissa, Juara 2 diraih Falashifa Aishi Lausafisa dari MI Muhammadiyah Al Tanbih, Juara 3 diraih Devi Anggraeni dari MI NU al azhariyyah Gebog Kudus.

Final Olimpiade Matematika juara 1 diraih Syu’batul Alya dari MI Roudlotul Wildan, juara 2 diraih Shafa Mauluddia dari SDIT Al Islam Kudus, juara 3 diraih Rafanda Keisha addressti  dari MI NU Banat.

Peserta lomba kaligrafi juara 1 diraih Dita Aqira Putri dari MI NU Banat, juara 2 diraih Aisya Khulliya Fathin dari MI NU Banat, juara 3 diraih Nediva Aghna Khudi dari SD NU Nawa Kartika Kudus.

(AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :