Operasi Patuh Candi 2020, Satlantas Polres Kudus Jaring Seribu Lebih Pelanggar

oleh

Kudus, isknews.com – Operasi Patuh Candi 2020 yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas Polres Kudus 14 hari mulai Kamis (23/7/2020) hingga Rabu (5/8/2020) lalu berhasil menjaring ribuan pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Kudus.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kudus, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Galuh Pandhu Pandega mengatakan, selama dua pekan menggelar operasi patuh candi tersebut pihaknya berhasil mendindak ribuan pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Tahun ini kami menindak sebanyak 1.417 pengendara. Para pelanggar didominasi oleh pengendara kendaraan roda dua,” ujar AKP Galuh, Senin (10/08/2020).

Dari 1.417 pelanggar, lanjut Pandu, sebanyak 509 pengendara diantaranya ditilang dan 908 pengendara diberi teguran. Sedangakan untuk kasus kecelakaan lalu lintas, ada 14 dengan angka kematian nihil.

Anggota Satlantas Polres Kudus saat melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dalam operasi Patuh Candi 2020 (Foto: YM)

“Mereka ditindak karena tidak menggunakan helm SNI, melawan arus dan tidak memiliki surat berkendara yang lengkap. Dibanding tahu lalu, pelanggaran dalam operasi patuh candi tahun ini mengalami penurunan yang signifikan. Yakni sebesar 75 persen,” katanya.

Tak hanya menindak pelanggar lalu lintas. Tahun ini, Satlantas Polres Kudus juga menertibkan masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan. Seperti tidak menggunakan masker saat berkendara.

Dalam upaya penertiban ini, pihaknya memberikan sanksi edukatif pada masyarakat, berupa menghafalkan pancasila dan menyanyikan lagu-lagu wajib Nasional. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :