Pasca Penetapan Anggota DPRD Kudus, Setwan Siapkan Pelantikan Dan Pakaian Dinas

oleh

Kudus, isknews.com – Pasca penetapan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus pada rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik (parpol) dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kudus Pemilu Tahun 2019 di Hotel Griptha, Sabtu (10/08/2019). Tahap selanjutnya adalah Persiapan untuk menyelenggarakan pelantikan Anggota DPRD terpilih.

Menurut Sekretaris DPRD Kudus, Jadmiko Muhardi, pelantikan DPRD Kudus terpilih direncanakan akan digelar tanggal 21 Agustus 2019 mendatang.

“Sedianya berdasarkan masa bakti DPRD Kudus periode 2014-2019 itu pelantikan tanggal 21 Agustus 2019 mendatang. Karena pada tanggal itu berakhirnya DPRD periode 2014-2019,”ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Kudus, Jumat (09/08/2019).

TRENDING :  Ayo Ramaikan, Meriahnya Pakudjembara dan Visualisasi Dhandangan 2019
Gedung DPRD Kudus (Foto: istimewa)

Ia mengatakan untuk tahapan pelantikan DPRD Kudus, pertama harus ada penetapan caleg terpilih dari DPRD Kudus. Kemudian dari KPU menyampaikan hasil tersebut kepada Bupati Kudus. Baru, Bupati Kudus mengusulkan pengangkatan kepada Gubernur Jawa Tengah.

“Setelah surat keputusan (SK) dari gubernur turun. Maka baru bisa dilakukan pelantikan,” ucapanya.

Meski demikian, pihaknya memastikan untuk kesiapan, Sekwan DPRD Kudus  sudah siap menggelar pelantikan. “Kami kesiapan tempat sudah siap, Tinggal menunggu penetapan dan Sk itu saja,” ujarnya.

TRENDING :  Bakal Jadi Ajang Pembukaan Porprov 2022, Stadion Wergu Wetan Segera Direnovasi

Sementara itu terkait penyelenggaraan pakaian dinas bagi 45 anggota dewan yang terpilih, Sekretariat DPRD Kudus telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 449 juta.

”Total alokasi anggarannya sebesar Rp 449 juta, karena sesuai ketentuan perundangan, para anggota dewan yang terhormat akan mendapatkan jatah empat stel pakaian dinas dari baju hingga celana untuk kategori Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Sipil Resmi (PSL) termasuk kelengkapannya berupa pin dan eblem,” tambah Jadmiko.

TRENDING :  IDI Kudus Rangkul Penyandang Disabilitas Dalam Peringatan HBDI Ke 110

Berdasarkan data yang ada, pengadaan pakaian dinas anggota DPRD tidak hanya akan dilakukan selama sekali selama masa jabatannya. Setiap tahunnya DPRD selalu mengalokasikan anggaran untuk pengadaan pakaian dinas para wakil rakyat dengan anggaran berkisar di angka Rp 250 juta.

“Semua pengadaan seragam anggota dewan tersebut, menurut Jadmiko  juga dilelang resmi, sesuai dengan proses pengadaan barang dan jasa melalui ULP.  Jadi, semuanya dilakukan secara proses terbuka,” terang dia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :