Pelajar SMA 1 Kudus Praktekkan P5 Bertema Bhinneka Tunggal Ika

oleh -1,315 kali dibaca
Foto: Suasana Seminar bertema Bhinneka Tunggal Ika dalam pembelajaran praktek P5 di SMA 1 Kudus, Kamis (16/2/2024).

Kudus, isknews.com – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat P5 merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa-siswi pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Kali ini siswa kelas XI (Fase F) SMA Negeri 1 Kudus mulai melaksanakan P5 dengan menggelar Seminar bertema Bhinneka Tunggal Ika pada Kamis (15/2/2024) di Aula Indoor setempat. Adapun narasumbernya yakni Fauzan MPd dari UIN Walisongo Semarang.

Demikian dikatakan Triastuti Evawani, Ketua Tim Pengembang Sekolah di SMA 1 Kudus, kepada wartawan.

Eva melanjutkan, tema sebelumnya yakni Suara Demokrasi dengan mengunjungi gedung DPRD bersama para Dewan.

Tema yang kedua ini (tentang Bhinneka Tunggal Ika) kita dengan mengambil ragam pesona Jawa Tengah, sebelumnya juga diperkenalkan tentang ragam budaya tingkat nasional,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Eva, pada tanggal 20 Februari siswa-siswi diajak belajar spesifik ke Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah. Jawa Tengah. diikuti sebanyak 430 sisiwa kelas XI didampingi oleh 25 bapak ibu guru pendamping.

“Jadi teknisnya tiap kelas nanti dibagi sesuai dengan daerah yang akan dikunjungi, misalnya ada daerah Banyumas kemudian ada yang di daerah kedu itu sudah dibagi per kelas, kemudian nanti masing-masing anak akan mempelajari tentang miniatur rumahnya (rumah adat) kemudian dialeknya, kuliner (masakan-masakan khas dari daerah masing-masing),  termasuk pakaian adat khas masing-masing,” jelasnya.

“Setelah dari Maerokoco dan sampai di sekolah, anak-anak akan berdiskusi untuk membuat miniatur rumah adat yang telah mereka kunjungi, misalnya miniatur rumah joglo Jepara, pakaian adat khas dari Jepara, yang nantinya akan dipraktekkan pada saat gelar karya,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :