Penyerapan KUR UMKM Optimis Antarkan Negara Keluar dari Resesi Akibat Pandemi

oleh

Ekonomi, isknews.com – Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi yang menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara nasional cukup besar. Penyerapan KUR diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi. Sehingga, para pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian kembali bisa menjadi jawara mengantarkan negara keluar dari resesi akibat pandemi.

Totalnya mencapai Rp29,13 triliun, dengan 973.532 debitur yang telah memanfaatkan KUR.

 “Penyerapan KUR di Provinsi Jawa Tengah telah mencapai Rp29,13 triliun, untuk 973.532 debitur. Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi nomor penyerap KUR terbesar,” kata Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto di sela kunjungan kerja pengawasan pengelolaan KUR di Jateng, Jumat (27/11/2020).

Sementara Anggota Komisi XI Musthofa menambahkan, pihaknya juga meminta kepada Kantor Regional III OJK Jateng-DIY untuk melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM. Bahkan, pihaknya juga mendukung jika OJK memiliki platform yang dikhususkan untuk membantu UMKM menjual produknya secara online.

Mantan bupati Kudus ini mengatakan, pendampingan yang dilakukan OJK juga diharapkan menumbuhkan roda perekonomian menggeliat dan pertumbuhan ekonomi menjadi positif. Ia juga meminta kepada para pelaku UMKM di Jateng untuk mampu menyuguhkan dan mengemas produknya agar menarik minat calon pembeli. Sehingga, masyarakat semakin mencintai produk-produk lokal dan mengangkat ekonomi nasional. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :