,

Perdana di Kudus, Liga Sukun U17 dan U23 Gulirkan Kompetisi Penuh 22 Klub antar Desa

oleh -1,870 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kompetisi sepakbola usia muda antar persatuan sepak bola (PS) Desa di Kudus bertajuk Liga Sukun U17 dan U23 untuk musim pertamanya telah bergulir.

Kompetisi sepakbola Liga 2 yang digelar Askab PSSI Kudus dengan menggandeng PT Sukun Wartono Indonesia ini akan bergulir hingga enam bulan kedepan dengan melibatkan sekitar 550 pemain dari 22 klub PS.

Jalannya pertandingan antara Tanjung Rejo FC vs  Megawon FC di Lapangan Desa Tanjungrejo.

Hajatan perdana kompetisi digelar 5 pertandingan Sukun U17 League, dengan mempertemukan Klaling FC vs Songo Joyo FC di Lapangan Desa Klaling, Putra GM Gondangmanis vs Tunas Muda FC di Lapangan Gelora Gondangmanis.

Lalu, mempertemukan Bacin Evolution vs Gribig United di Lapangan Bacin, PS Porma vs Spultura FC di Lapangan Porma Mlati Kudus, Tanjung Rejo FC vs  Megawon FC di Lapangan Desa Tanjungrejo.

Kick off Sukun U17 League ditandai tendangan bola oleh Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie di lapangan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Jumat (17/5/2024).

Klasemen Sementara Sukun U17 League (Dok. Foto:Istimewa)

Selain Pj Bupati Kudus, segenap tamu undangan dari ASKAB, KONI, dan pihak sponsor utama, PT Sukun Wartono Indonesia hadir menyaksikan pertandingan tim tuan rumah, Tanjung Rejo FC vs  Megawon FC.

Selama laga pertandingan tersebut, Hujan gol pun terjadi dari kedua tim. Namun, Megawon FC mampu mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 4-3. Empat gol Megawon FC dicetak oleh Fernanda Rizki, Yulianto, Deo Fajar dan Akbar Rasyid. Sementara, gol dari Tanjungrejo FC dicatat oleh Celvin Alif dengan dua gol serta satu gol dari Valen Anugrah.

Orang nomor satu di Kudus itu menilai bahwa gelar Sukun U17 League akan menjadi ajang pembinaan yang baik di bidang sepak bola Kudus.

“Ini menjadi sebuah animo yang baik tentu harus dipersiapkan pembibitan yang luar biasa di Kudus, terlebih di saat ini tengah berlangsung pertandingan Persiku dan Persiku Junior,” terangnya.

Kompetisi ini akan menjadi ruang publik yang sehat. Hal itu dibuktikan dengan antusias masyarakat saat menonton untuk mensupport tim kebanggaan-nya.

Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto

Sementara itu, Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto mengatakan, ide kompetisi penuh untuk Liga 1 PSSI Kudus dan Liga 2 PSSI Kudus sudah lama ingin digulirkan. Hanya saja, saat itu membutuhkan pendanaan yang maksiimal.

Setelah disusun, akhirnya kompetisi Liga 1 PSSI Kudus dan Liga 2 PSSI Kudus pun dapat digelar.”Akhirnya saya coba koordinasi dengan pegiat sepak bola untuk menyusun kompetisi sepak bola yang ideal. Tentunya sepengetahuan dari Askab PSSI Kudus,” katanya.

Ia mengungkapkan, PT Sukun sebagai sponsor memang berkeinginan melaksanakan liga dengan sistem penuh. Selain itu, juga melibatkan pemain-pemain dari Kudus.

”Alhamdulillah seratus persen kompetisi ini diikuti pemain Kudus. Harapannya dari kompetisi ini melahirkan bibit-bibit pesepakbola dari Kudus,” imbuhnya.

Di lain pihak, Ketua Askab PSSI Kudus, Daniel Budi Sampurno menambahkan, bahwa format pertandingan Sukun 17 dan U23 League digelar dengan kompetisi penuh, yang rencananya akan rampung hingga Oktober 2024 mendatang.

“Tujuannya ini kembali ke pembinaan, menumbuhkan bibit lokal, yang mana selama beberapa tahun setiap kompetisi itu hanya digelar setengah kompetisi. Sehingga animo kali ini memang sangat luar biasa,” katanya.

“Semoga dengan dilaksanakannya dengan baik (Sukun U17 dan U23), saya rasa membuat kompetisi seperti ini setiap tahun juga sangat baik,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :