Petik Sendiri Manisnya Melon Sweet Net, Inthanon dan Golden Alisha di Mlati Kidul

oleh -1,697 kali dibaca
Dua orang pengunjung Wisata Petik Melon di Green House Avatar yang berada di area persawahan Kelurahan Mlati Kidul Kudus, saat memetik buah melon pilihannya, Kamis 04/01/2024 (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Melon varietas unggul bermutu tinggi seperti Sweet Net, Inthanon, Golden Alisha, New century dan Ivory Gaya kini bisa dipetik oleh para pengunjung di area Wisata Petik Melon Green House Ravatar yang ada di area persawahan yang tampak dari depan SMK Wisuda Karya Kelurahan Mlati Kidul, Kecamatan Kota, Kudus.

Wisata petik buah memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati sensasi memetik buah sendiri langsung dari pohonnya. Buah yang dipetik sendiri itu pun terjamin kualitas dan kesegarannya. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih sendiri jenis dan ukuran buah sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Untuk bisa mencapai lokasi Green House ini, pengunjung harus melewati Jalan RA Mlati atau yang dikenal dengan Gang Denayu yang dilalui lewat Gapura gang barat SMK Bhakti Kudus hingga menemukan Gang RA Mlati 7 lalu belok ke utara hingga mentok diujung gang dan terdapat area persawahan Milik Pemdes Mlati Lor Kudus.

Di areal persawahan tersebut pemilik wisata petik buah melon Green House Ravatar, Junaedi menyewa lahan dan membuka usaha ini sejak bulan Desember 2023 lalu.

Ia menjelaskan, wisatawan bisa datang langsung ke lokasi green house, lalu melihat-lihat kebun melon. Kemudian, wisatawan bisa memetik sendiri melon yang diinginkan.

“Varietas unggulan melon kami disini diantaranya adalah Melon Sweet Net, memiliki kulit mulus berwarna putih, dengan daging berwarna orange. Melon jenis ini memiliki rasa manis seperti buah pear. Kalau Melon Sweet Net, memiliki kulit mulus berwarna putih, dengan daging berwarna orange. Melon jenis ini memiliki rasa manis seperti buah pear,” terang Junaedi.

Sementara Melon jenis Golden Alisha menurut dia, buahnya bewarna kuning keemasan yang mengkilap. Rasanya sangat manis, renyah, cukup banyak mengandung air, berdaging buah tebal dan kulit yang sangat tipis yang licin.

Selesai memetik, pengunjung bisa menimbang melon yang sudah dipilih. Harganya dibandrol mulai dari Rp 25 – 35 ribu per kilogram tergantung jenisnya.

“Di sini ada lima jenis melon yaitu Sweet Net, Inthanon, Golden Alisha, New century dan Ivory Gaya. Melon paling populer itu jenis Sweet Net karena rasanya crunchy (renyah) dan sangat manis,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, green house tersebut memiliki luas lahan sekitar 700 meter persegi. Kunjungan setiap harinya bisa mencapai 20 sampai 50 orang pengunjung.

“Untuk sementara ini memang kami buka untuk wisata dulu. Kedepannya rencana akan kami kembangkan lagi,” tuturnya.

Salah satu wisatawan yang tertarik dengan wisata petik buah melon ini yakni Dani, warga Desa Peganjaran, Bae, Kudus mengaku senang bisa merasakan pengalaman memetik buah melon sendiri.

“Saya penasaran setelah diberitahu ada lokasi wisata petik melon ini dari kawan saya yang sebelumnya telah lebih dulu datang kesini,” kata Dani perjaka yang bekerja disebuah perusahaan swasta ini, Kamis (04/01/2023).

Menurutnya, dia senang model agro wisata seperti ini, apalagi ada sensasi dan pengalaman memilih dan memetik buah yang saya inginkan.

“Disini kita bisa milih sendiri ingin melon yang mana ukurannya, jenisnya atau tingkat kematangannya,” ungkapnya yang datang bersama kawannya Reza warga asal Kota Semarang.

Ia menambahkan, tempat wisata petik melon tersebut juga memiliki jenis melon yang berbeda di pasaran. Menurutnya tempat ini sangat cocok untuk jadi tujuan wisata, apalagi bersama keluarga.

“Di sini melon nya punya rasa yang lebih renyah dan sangat manis. Ada juga yang lembut, kalau datang bisa pilih sendiri mau yang mana tergantung selera,” ucapnya.(YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.