PKM UMKU Gelar Workshop Pembuatan Lip Balm dari Pewarna Natural Buah Parijoto

oleh -500 kali dibaca
Suasana workshop yang digelar PKM UMKU dengan NA tentang pembuatan lip balm berbahan dasar Parijoto (Foto: istimewa/UMKU)

Kudus, isknews.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) melaksanakan kegiatan workshop pembuatan lip balm dengan pewarna alami dari sari buah Parijoto. Acara tersebut diikuti oleh 16 peserta dari Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) Kecamatan Kota dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Minggu (03/09/2021).

Bertempat di gedung TK ABA 03 Kudus, pelatihan tersebut diisi oleh tim PKM UMKU yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan sharing teori keilmuan tentang lip balm dan kosmetika yang baik oleh apt. Eko Retnowati, M.Si., M.Farm.

Menurut humas UMKU, Azizah, Komposisi serta penggunaan lip balm yang baik dan benar diuraikan secara jelas pada sesi tersebut.

“Produk lip balm Parijoto ini memiliki nilai lebih karena didasari dari hasil riset mahasiswa yang sudah dilakukan di UMKU yakni dengan memanfaatkan hasil kekayaan alam Kabupaten Kudus yang sangat tersohor, yaitu buah Parijoto sebagai natural colouring agent. Potensi ini tentunya sangat menarik dan menjanjikan untuk dikembangkan di masa mendatang,” ujar Azizah.

Teori keilmuan yang lain disampaikan oleh Iffana Dani Maulida, S.Si., M.Sc. yakni tentang kandungan Parijoto dan nilai lebih produk LIPJAR (Lip Balm Parijoto) dibanding produk lip balm biasa.

“Pembuatan LIPJAR diperagakan oleh tim serta praktik langsung oleh anggota Nasyiatul ‘Aisyiyah dengan sangat antusias. Hasil produk LIPJAR dapat langsung digunakan untuk individu,” tuturnya.

Dijelaskan oleh Azizah, Tim PKM terdiri dari Yayuk Mundriyastutik ST., MT. (Ketua), Iffana Dani Maulida, S.Si., M.Sc. dan Ahmad Nur Syafiq, SS., M.Pd. serta para mahasiswa, Muhammad Ashari, Fatha Nasyiatul Imamah, Atika Nur Awaliah, Hafidza Noor Fahrila, Aqnesia Nofianti, Tesar Syahnariri Nanda Widodo dan Hieronimus Ristha Hegatama.

“Rangkaian Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat terselenggara dari Hibah Riset Muhammadiyah Batch V tahun 2021 Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah.,” jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan doa bersama dipandu oleh Novi Hidayati NR., S.Pd.I selaku perwakilan NA. Harapannya, produk LIPJAR ini bisa makin berkembang di masa mendatang tentunya dengan melewati tahap-tahap uji dan sertifikasi yang telah ditentukan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.