Polres Kudus Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Arus Mudik Dan Balik Lebaran Tahun Ini

oleh -927 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dalam rangka persiapan teknis dan operasional pengamanan rangkaian arus mudik dan balik hari raya Idul fitri 1437 H di wilayah Kabupaten Kudus, Polres Kudus selenggarakan Rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan operasi Ramadaniya candi 2016 (21/6).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Kudus dilaksanankan di ruang Tunggal Panaluan Mapolres Kudus yang terletak di Jalan Jenderal Soedirman dengan diikuti sebanyak kurang lebih 75 orang peserta rakor dari berbagai instansi yang nantinya akan terkoordinasi dalam even tahunan rangkaian arus mudik dan arus balik idul fitri 437H.

Hadir dalam rakor tersebut, Kapolres Kudus, AKBP Andi Rifai, Kasdim 0722 Kudus Mayor Inf. Sagimin, Kepala DishubKom info kabupaten Kudus, Didik Sugiharto, unsur dari Kejaksaan negeri Kudus, Pengadilan negeri Kudus, Komandan Satpol PP Kudus Abdul Halil, Dinas perdagangan dan pengelolaan pasar, Ketua MUI Kudus, H.Ahmad Hamdani, LC, serta beberapa staf SKPD terkait lainnya.

Dalam rapat tersebut Kapolres Kudus AKBP Andi Rifai menyampaikan, Akan timbul permasalahan yang komplek apabila tidak kita antisipasi sehubungan dengan pelaksanaan arus mudik dan balik dalam hari raya Idul Fitri tahun ini sehingga dengan adanya langkah antisipasi akan berdampak terhadap terjaminnya keselamatan dan kelancaran masyarakat. “Gangguan Kamtibmas selama momen Idul Fitri akan meningkat dikarenakan kebutuhan masyarakat semakin tinggi sehingga terjadi permasalahan berkaitan kelangkaan sembako dan juga kelangkaan BBM dikarenakan mobilitas yang tinggi membutuhkan BBM yang banyak” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan, “Rumah kosong ketika ditinggal mudik juga menjadi atensi kita selain peredaran uang palsu dimana saat lebaran nanti minat untuk mendapatkan uang baru akan meningkat yang mungkin dimanfaatkan oleh oknum pengedar uang palsu. Hal hal tersebut mari kita jadikan bahan untuk menyamakan persepsi dalam menentukan langkah antisipasi sehingga kita dapat meminimalkan permasalahan yang terjadi selama momen lebaran tahun ini,” tambah kapolres.

Sementara itu  Kabag Ops Polres Kudus, Kompol Tugiyanto Menyampaikan paparannya mengenai  perbandingan kejadian seputar terjadinya angka kriminalitas dan laka lantas dihubungkan dengan waktu dan tempat terjadinya kriminalitas dan laka lantas diwilayah kabupaten Kudus, dalam kesempatan tersebut Kabag Ops juga menyampaikan potensi kerawanan masyarakat dihubungkan dengan kegiatan dalam menjalankannya ibadah puasa dan sholat tarawih pada malam hari memicu meningkatnya angka kriminalitas.

Menyampaikan kemungkinan gangguan yang terjadi sebelum, pada saat dan setelah hari raya Idul Fitri sehingga perlu penyiapan personil sekitar 500 orang dari berbagai instansi dan Ormas yang ada. Rencananya akan dibentuk Pospam dengan pengamanan sebanyak 250 personil dengan komposisi dari Polri sebanyak 148 personil dan dari kekuatan pendukung/samping sebanyak 102 personil, juga ditunjang penambahan pemasangan CCTV dalam pemantauan arus mudik maupun arus balik lebaran 1437 H.(YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :