Puluhan Gunungan Semarakan Sedekah Bumi di Desa Pelemgede

oleh
Puluhan Gunungan Semarakan Sedekah Bumi di Desa Pelemgede
Foto: Istimewa

Pati, ISKNEWS.COM – Perayaan Sedekah Bumi bagi masyarakat Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi, Pati, merupakan tradisi sakral yang wajib di gelar setiap tahun. Pada tahun ini, Sedekah Bumi di awali dengan kirab oleh warga bersama Perangkat Desa dengan mengusung puluhan Gunungan yang terbuat dari berbagai hasil bumi juga dilengkapi dengan berberapa jenis makanan tradisional.

Sambil mengarak gunungan, dalam kirab masyarakat juga membawa bakul berisi nasi lengkap dengan lauk pauk, menuju ke Makam Sesepuh Pendiri Desa (Punden) untuk di doakan oleh Tokoh Agama setempat (Modin). Setelah didoakan, bakul berisi nasi dan gunungan tersebut langsung diserbu warga dengan berebut.

Kepala Desa Pelemgede dr. Hadi mengemukakan, tradisi Sedekah Bumi yang dilakukan setiap tahun adalah sebagai bentuk wujud syukur atas karunia dan berkah yang diberikan Tuhan kepada masyarakat.

TRENDING :  Sulit Diurai Kemacetan Akibat Parkir Sembarangan Di Jl Soetomo

“Tradisi ini rutin setiap tahun kami lakukan, sedekah bumi adalah bentuk syukur kami kepada Allah. Yaitu atas limpahan panen dari hasil kami bercocok tanam, kami diberi kesehatan yang paripurna dan masyarakat tentram serta damai,”Ungkap Hadi usai melakukan doa bersama di Punden, Kamis (30-8-2018).

TRENDING :  Sekda Baru Kudus Tutup TMMD Sengkuyung II di Klumpit

Hadi menambahkan, perayaan pada tahun ini lebih meriah dibanding dengan tahun sebelumnya. Menurutnya saat ini perayaan sedekah bumi diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya ada hiburan seni budaya, perlombaan dan kirab yang diikuti perwakilan warga dari seluruh RT se-Desa Pelemgede.

TRENDING :  Tiga Pelaku Curanmor Berhasil Dibekuk Polsek Wedarijaksa

“Sedekah bumi saat ini bisa dibilang lebih ramai dari tahun kemarin, ini terlihat dari antausias warga yang mengikuti kirab dan berbagai lomba yang digelar,”lanjutnya.

Hadi juga berharap, kedepan masyarakatnya mendapatkan berkah yang lebih dari Allah, baik itu petani, pedagan maupun para pegawai.

“Kami berharap, supaya warga kami kedepan lebih sejahtera, bahagia dan semoga Allah senantiasa melindungi warga kami dari mara bahaya,”pungkas Hadi sambil mengucap Amin. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :