Ratusan Atlet Se Jawa Tengah Ikuti Kejuaraan Pencak Silat UMKU Championship 2019

oleh
Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) saat pembukaan Pencak Silat UMKU Chapionship 2019 (foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Kejuaraan Pencak Silat UMKU Championship 2019 yang digelar selama 3 hari yaitu 23-26 Desember 2019 dan diikuti atlet peserta sebanyak 631 orang peserta dari sejumlah kota dan Kabupaten di Jawa Tengah.

Para atlet meliputi kategori SD sebanyak 216 peserta terdiri dari atlet putra 138 orang putri 78 orang dan SMP 197 peserta yang terdiri dari atlet putra 127 orang, atlet putri 70 orang serta kategori SMA sederajad yang diikuti sebanyak 218 peserta putra 135 orang putri 83 orang.

Menurut ketua Tapak Suci Kudus Santoso, acara yang juga diikuti partisipasi oleh sejumlah perguruan silat lain seperti  Perisai Diri, PSHT dan Perguruan yang lain, dasar kegiatannya adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan perguruan se Indonesia.

TRENDING :  Ratusan Pebalap BMX Ramaikan Kejuaraan BMX MTB 4X Open Jepara

“Peserta UMKU Championship 2019 dari berbagai daerah yaitu Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, Grobogan, Demak, Temanggung, Magelang dan Sragen. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengalaman bertanding  dan mendapatkan prestasi untuk kegiatan yang positif” ucapnya

H. Muhammad Nur Hasyim Ketua IPSI Kabupaten Kudus pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMKU yang telah memfasilitasi pertama kali di Kabupaten Kudus sebuah pertandingan terbuka.

Para atlet saat berpose bersama Trophy kejuaraan Pencak Silat UMKU Championship 2019 (Foto: istimewa)

“IPSI sangat berterima kasih karena memberikan kesempatan dari semua perguruan, karena dana KONI terbatas , Insya Allah tahun depan IPSI akan memberikan anggaran dana bagi penyelenggaraan  kegiatan yang akan datang,” Sambutnya.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) yang sempat memberi pesan kepada para pesilat untuk semangat mewujudkan pencak silat yang damai dan sportif,.

TRENDING :  Sedang Dibangun, Jalur Alternatif Urai Kemacetan Proliman Tanjungkarang Kudus

“Silahkan menggunakan fasilitas yang ada di UMKU. Berharap tahun depan kami berharap peserta bisa meluas dari regional hingga nasional. Dan pemenang terbaik bias mendapatkan beasiswa dari UMKU untuk melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi,” katanya.

Pembukaan dengan pemukulan gong oleh Rektor UMKU di damping oleh Ketua KONI, Ketua IPSI dan Ketua Tapak Suci, tampak tepuk tangan yang sangat meriah dari peserta sangat antusias dalam mengikuti kejuaraan ini.

Dilanjutkan Penyerahan kenang-kenangan pemenang Lomba Inovasi Digital. Kategori Video Competition tema “My Campus My Future”  Juara I Muhammad Habibie, Juara II Muhammad Ulil Albab, Juara III Khoirul Umam. Video Animasi tema “Living With UM Kudus” Pemenang Mahdarul Huda Ahmad. Poster Instagram dengan Tema “ Muhammadiyah Mencerahkan dan Memajukan” Juara 1 beny fatur, Juara II Sandi Mundakir dan Juara III Muhammad Maghfurun.

TRENDING :  Liga Asprov Jateng 2017 Bakal Segera Bergulir Akhir Tahun ini

Sementara itu dari hasil pertandingan keseluruhan yang ditutup oleh wakil rektor Rizka Himawan didampingi oleh Kepala Pusat Karir Dan Alumni Islami,S, SiT, M, Keb serta ketua Pimda 157 kudus Santoso SPd menutup acara sekaligus mengumumkan nama-nama pemenang.

Kejuaraan Pencak Silat UMKU Championship 2019 diperoleh Juara umum 1 yang sekaligus meraih Tropi Piala Bergilir adalah 1Kontingen PIMDA 157 KUDUS, juara Umum 2 Kontingen Tapak Suci Pati, juara Umum 3 Kontingen SD Muh 1 Kudus dengan diraih oleh juara Umum 1.pimda Ts 157 Kudus.

Sedangkan pesilat terbaik Putra diraih oleh pesilat Toha Hasan Dari kontingen Pimda 157 Kudus dan pesilat Terbaik diraih Putri Lena Amalia Dari Kontingen Pimda Ts 157 Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :