Ratusan Warga Undaan Gelar Shalat Istisqo Bersama Plt Bupati Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Bupati Kudus HM Hartopo, Sekda Sam’ani Intakhoris serta Komandan Kodim 0722 Kudus Letkol Irwansyah hadir dan ikut berjamaah shalat bersama ratusan warga Undaan Kudus memohon dan memanjatkan do’a agar diberikan hujan di wilayahnya.

Dibawah suasana panas sinar matahari 38 derajad Celcius, shalat dilaksanakan di lapangan Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, usai shalat Jumat (11/10/2019).

Suasana shalat Istisqo di lapangan Desa Undaan Kidul Undaan Kudus (Foto: YM)

Menyikapi kondisi musim kemarau panjang di wilayah Kabupaten Kudus, serta kondisi krisis air bersih disejumlah tempat, serta peristiwa bencana kebakaran, menjadikan Kodim 0722 Kudus dan ratusan petani Undaan menggelar sholat minta hujan atau Istisqa.

Hadir dalam sholat Istisqa tersebut selain Plt Bupati Kudus, dan Komandan Kodim 0722 Kudus, Sekretaris Komisi C DPRD, Anis Hidayat serta sejumlah pejabat Forkopinda, Camat Undaan Rifa’i Nawawi dan Forkopincam Undaan para siswa setempat serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Undaan.

TRENDING :  Peringati Malam Nuzulul Quran Bupati Bagikan Santunan Bagi Penyandang Cacat dan Yatim Piatu

Meski cuaca terik, namun jamaah tetap khusuk menjalani sholat.  Bersama alim ulama dan tokoh agama, warga menjalankan sholat bersama-sama.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Sekda Sam’ani Intakhoris dan Komandan Kodim 0722 Letkol Irwansyah ikut berjamaah Shalat Minta Hujan Istisqo (Foto: YM)

Ditemui usai salat Istisqa’ pada Jumat (11/10), H.M. Hartopo kepada wartawan mengatakan bahwa situasi kemarau panjang mengakibatkan kekeringan. Terutama di wilayah Undaan Kidul yang mengalami krisis air bersih. Pihaknya juga menyoroti bahwa salah satu faktor terjadinya kebakaran gudang, lahan pertanian, dan lainnya adalah matahari yang terik saat musim kemarau ini.

“Kita tahu bersama, banyak kejadian kebakaran lahan, kebakaran gudang, rumah, kandang, dan sebagainya di Kudus beberapa waktu yang lalu. Musim kemarau kali ini matahari terik. Ini adalah upaya warga memohon hujan kepada Allah SWT,” ungkapnya.

TRENDING :  Lelaki Renta Ditemukan Tewas Menggantung di Gudang

Selain itu, pria yang lahir di Kudus 52 tahun silam berharap bahwa upaya yang dilakukan masyarakat Undaan Kidul dapat diijabah oleh Allah SWT. Pihaknya juga memohon agar hujan yang diberikan oleh Allah menjadi barokah dan memberi kebaikan bagi masyarakat Kudus. “Harapannya hujan ini nanti memberi barokah dan kebaikan tidak bencana sehingga masyarakat dapat kembali menikmati air hujan,” katanya.

Senada, Komandan Kodim 07/22 Kudus Irwansah mengatakan bahwa hujan yang turun nantinya dapat mengairi sawah dan dimanfaatkan warga untuk kebaikan. Selain itu, pihaknya mengaku kegiatan salat Istisqa’ ini merupakan inisiasi dari Kodim 07/22 Kudus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Petani Undaan Lor Meninggal Saat Membajak Sawah

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kudus yang telah membantu kami menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga hujan turun dan sebagai rahmat untuk kita semua,” pungkasnya.

Oleh karena itu, tahun 2020 mendatang, pihaknya mendesak Pemkab Kudus segera melakukan terobosan terkait penyediaan air bersih bagi warga terutama saat musim kemarau. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan mengoptimalkan peran PDAM sebagai penyedia air bersih bagi masyarakat

Acara salat istisqa sendiri merupakan inisiatif pihaknya untuk mengumpulkan masyarakat dan menggelar salat secara bersama-sama. Selain  dalam rangka HUT ke-74 TNI, Kegiatan salat juga dilakukan untuk meminta hujan pada Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga doa para jemaah dan kita semua tadi bisa dijabah oleh Allah SWT,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :