Ribuan Mahasiswa Baru UMKU ikuti Masa Orientasi Kampus PKKMB dan Masta

oleh -652 kali dibaca
rektor UMKU Dr. Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) saat berikan sambutan pada acara Masa Taaruf mahasiswa baru UMKU 2022 di gedung auditorium (Foto: YM)

Kudus, isknews.com- Masa orientasi Mahasiswa baru (Maba) Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) tahun 2022  atau yang dikenal dengan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan diakhiri dengan Masa Ta’aruf (Masta) tahun ini dilaksanakan secara luring di arena Kampus.

PKKMB adalah kegiatan formal pengenalan kehidupan kampus yang dilakukan secara umum untuk mulai mengenal gambaran kehidupan kampus dan juga teman-teman baru. Sedangkan Masta lebih bersifat pemberian materi kepada Mahasiswa baru terkait motivasi dan kerohanian Islam.

Menurut koordinator masa orientasi maba UMKU 2022-2023 Nor Azizah, PKKMB dan Masta merupakan tradisi di UMKUyang dilaksanakan dengan prinsip harmonis, menyenangkan dan mencerdaskan. PKKMB Dilaksanakan 3 hari dan setelah itu dilanjutkan dengan Masta yang berlangsung selama 2 hari.

“Tujuannya agar tercipta akselerasi dan adaptasi bagi mahasiswa baru dengan kehidupan di Perguruan Tinggi, Pendidikan Karakter, memperluas jejaring pertemanan dan relasi, serta meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa, bernegara dan pentingnya pendidikan,” ujar Azizah yang juga staf humas UMKU, Jumat (09/09/2022)

Masa orientasi berlangsung dari tanggal (4/9) hingga (9/9) tersebut diikuti oleh 1318 mahasiswa baru yang dilakukan secara bertahap. Mereka berasal dari 11 Fakultas yakni Fakultas keperawatan, Fakultas Kebidanan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan, Fakultas Gizi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Komputer, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA serta 21 Program studi yang ada di UMKU.

 “Seleksi penerimaan mahasiswa baru di UMKU tahun akademik 2022/2023 ada dua jalur dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Kudus, yaitu Jalur Reguler dan Jalur PMDP (Penelusuran Minat dan Prestasi), dari seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut tercatat  total mahasiswa yang mendaftar adalah 1578 orang” kata dia.

Sementara rektor UMKU Dr. Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) dalam sambutannya penutupan kegiatan tersebut mengatakan, tujuan dari sebuah perjalanan akademik adalah bukan sebatas didapatkannya gelar akademik. Yang tidak kalah pentingnya adalah dicapainya kompetensi pengetahuan kognitif, keterampilan, sikap serta karakter dan kepribadian yang positif.

“Mahasiswa merupakan Agent of Change. Dari tangan merekan nantinya diharapkan terdapat perubahan dan inovasi di masyarakat. If you do not create a change, the change will create you. Jika Anda tidak membuat perubahan, maka Anda-lah yang akan tergerus dengan perubahan” pungkasnya.

Menghadapi tantangan global, mahasiswa juga tidak boleh lupa dengan kewajiban sosial.  Rektor memberikan gambaran pentingnya belajar kehidupan dari salah satu pahlawan nasional yakni KH. Ahmad Dahlan.

“Ahmad Dahlan adalah tokoh fenomenal dan layak mendapat predikat master of social entreprise, meski dihadang resistensi, Ia berhasil mendirikan Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan dan sosial yang kini dapat kita saksikan jutaan karya-karya sosial beliau yang terus bergerak maju dan mewarnai kehidupan bangsa dan negara bahkan mendunia” pungkasnya.

Dalam acara PKKMB dan Masta ini juga hadir selaku pemberi materi, Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian Pengembangann Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  Prof. Dr. H. Chairil Anwar dari PP Muhammadiyah yang juga merupakan Guru besar  Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Proses Pengenalan mahasiswa baru di UMKU dimulai dari tingkat universitas, pengenalan tingkat fakultas, dan di lingkup yang lebih kecil yakni jurusan atau program studi serta pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi mahasiswa. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.