Ribuan Mahasiswa Baru UMKU Ikuti Program Pengenalan Kampus Secara Luring dan Daring

oleh -1,556 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sidang Senat terbuka UMKU dalam rangka Penerimaan mahasiswa baru tahun akadmik 2020/2021 dilakukan di Auditorium Universitas dan melalui zoom meeting. Sidang dibuka oleh Rektor UMKU Rusnoto, SKM.,M,Kes (Epid), Selasa (22/09/2020).

Tercatat terdapat sebanyak 2631 mendaftar di UMKU, namun yang lolos hingga tahap registrasi sebanyak 1154 mahasiswa. Tahun ini UMKU juga mendapat amanah sebanyak 72 kuota mahasiswa yang memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dengan demikian total keseluruhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus saat ini mencapai 3477 Mahasiswa.

Upacara penerimaan mahasiswa baru UMKU, Selasa (21/09/2020) (foto: istimewa)

Lebih lanjut, Rusnoto menyampaikan, saat ini tengah ada disituasi yang luar biasa, yaitu kondisi dimana dunia tengah dilanda Pandemi. Sebelumnya, pihaknya tak pernah membayangkan akan ada disituasi luar biasa ini yaitu dibawah bayang-bayang wabah covid-19.

“Hal ini mengharuskan kita semua, untuk melakukan  aktifitas-aktifitas secara online ataupun sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan masa taaruf (Masta) yang dilakukan dengan metode yang berbeda,” ungkapnya.

Ribuan mahsiswa lainnya mengikuti prosesi pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan masa taaruf (Masta) melalui daring dan luring (Foto” istimewa)

Sementara itu Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan Anny Rosiana Masithoh, M.Kep.Sp.Kep.J ditempat yang sama menambahkan, jika kali ini adalah kali pertamanya PKKMB dan Masta dilakukan dengan dua konsep, yaitu secara daring dan luring.

“Pandemi ini telah membuat kita semua berfikir untuk melakukan inovasi-inovasi baru, khususnya inovasi melalui media digital,” kata Ann

Konsep PKKMB yang dilanjut dengan masa Ta’aruf (Masta) ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni yang biasnya menekankan pada interaksi sosial secara langsung dengan lingkungan kampus dan sivitasnya.

“Kali  ini konsep acara pengenalan kampus dilakukan dengan dua metode, yaitu secara luring dengan membatasi jumlah mahasiswa yang hadir dan juga difokuskan pada upaya memperkenalkan simulasi interaksi melalui media digital,” terangnya.

Diketakannya, dua konsep yang dirancang panitia PKKMB dan Masta, melatih mahasiswa baru untuk bisa mempersiapkan diri menjalani kehidupan akademik secara daring.

Rangkaian acara PKKMB dan Masta akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dalam PKKM mahasiswa akan mendapat berbagai materi, yakni Perguruan tinggi di era revolusi, new normal, sistem kampus merdeka dan merdeka belajar.

Selain itu mereka juga akan diberikan materi pengenalan sistem pendidikan tinggi Indonesia, kiat sukses/ motivasi belajar, kampus siaga covid-19.

“Materi-materi tersebut akan disampaikan oleh pemateri-pemateri yang professional dibidangnya,” ujarnya.

Dalam acara ini, UMKU juga memberi penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang mendapatkan prestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik.

Sehingga, mahasiswa-mahasiswa baru dapat termotivasi untuk berkuliah dan juga bisa berprestasi.

“PKKMB dan Masta ini diharapkan mampu memberi gambaran kepada mahasiswa baru untuk mulai melakukan adaptasi baru sebagai seorang mahasiswa,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.