Satu Satunya di Kudus, Getasrabi Punya KSU PKH Smart

oleh -426 views

Kudus, isknews.com – Sejumlah 32 keluarga penerima manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Getasrabi mengikuti kegiatan graduasi atau kelulusan, yang artinya kini mereka sudah menyandang sebagai keluarga mandiri.

Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Kudus, Habib Rifai, mengatakan, program graduasi ini memang menjadi agenda tahunan yang harus dikejar sesuai target. Dimana, tiap tahun harus mampu melangsungkan kegiatan graduasi minimal 10 persen anggota dari KPM PKH.

“Di desa Getasrabi, 3 bulan awal ini, sudah ada 32 KPM yang digraduasi. Dan dibanding dengan jumlah data yang ada di desa 329, ini sudah menyentuh angka 10 persen,” katanya saat ditemui di Balai Desa Getasrabi, Minggu (11/04).

Tercapainya target ini, lanjutnya, merupakan wujud sinergi yang bagus dari para pendamping PKH serta peserta KPM di Desa Getasrabi. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Koperasi Serba Usaha (KSU) PKH Smart milik mereka.

“Satu tahun lalu saya diundang untuk meresmikan semacam koperasi PKH, yang konsentrasinya adalah penjualan sembako atau beras. Dan ini adalah KSU satu-satunya di Kudus yang diinisasi oleh pendamping PKH, pemdes, serta para peserta KPM,” terangnya.

Diharapkan, program inovasi tersebut bisa dicontoh oleh desa-desa lain. Sehingga bisa lebih membantu para anggota untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ditambah lagi, untuk memunculkan semangat berwirausaha oleh para anggota agar bisa mandiri dan tidak ketergantungan dengan bantuan dari pemerintah.

“Hari ini juga dapat stimulus dari BKM senilai 20 juta untuk menambah modal KSU PKH Smart. Ini sangat bagus sekali dan semoga bisa menginspirasi desa lain,” tambahnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :