,

Semangat Gen Z Kudus Promosikan Wisata Lereng Muria untuk Gaet Wisatawan

oleh -1,518 kali dibaca
Foto bersama sebelum explore lereng Muria bersama gen Z dan vlogger pemerhati Pariwisata Kota Kretek dari Kudus dan sekitarnya

Kudus, isknews.com – Semangat Generasi Z di Kudus turut mempromosikan wisata lereng muria patut diacungi jempol. Ya, Gen-Z Kudus terlihat telah memulai langkah berani untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi alam serta budaya di lereng Muria melalui inisiatif Muria Jeep.

Dikelola oleh sekelompok anak muda yang penuh semangat, Muria Jeep menawarkan pengalaman wisata yang unik dan edukatif, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan.

Inisiatif Muria Jeep tidak hanya berfokus pada petualangan alam, tetapi juga pada pemberdayaan ekonomi lokal. Para pengelola bekerjasama dengan berbagai UMKM di sekitar lereng Muria, mengajak wisatawan untuk mengunjungi dan membeli produk-produk khas lokal seperti makanan khas, dan jajanan tradisional. Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman wisatawan tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu pengelola Muria Jeep, Alina Roychatus (19), menjelaskan bahwa inisiatif ini lahir dari keinginan untuk memaksimalkan potensi wisata lereng Muria sambil menjaga kelestariannya. “Kami melihat banyak keindahan dan potensi di lereng Muria yang belum banyak diketahui orang. Melalui Muria Jeep, kami ingin memperkenalkan semua itu kepada masyarakat luas, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pemberdayan daerah sendiri,” ungkap Alina.

Dengan semangat dan inovasi, para pemuda yang tergabung dalam Muria Jeep membuktikan bahwa mereka mampu memainkan peran penting dalam pengembangan pariwisata dan pemberdayaan ekonomi lokal. Kreativitas mereka tidak hanya membawa dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Dimulainya inisiatif Muria Jeep diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk terlibat dalam memanfaatkan dan melestarikan potensi alam serta budaya di daerahnya masing-masing. Dengan begitu, pariwisata yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat lokal dapat terus berkembang, memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan perekonomian daerah.

Sementara itu, Nofi Mahmud Subarkah ketua Asosiasi Pelaku Industri Pariwisata (APITA) Kudus terpilih periode 2024-2028 berpendapat jika generasi Z atau gen Z memiliki peran penting dalam mempromosikan destinasi wisata sehingga bisa menggaet wisatawan nusantara bahkan mancanegara.

Mahmud, sapaan akrabnya mengatakan bahwa gen Z merupakan generasi yang memiliki peran penting dalam mempromosikan pariwisata karena sebagian besar mereka suka melakukan perjalanan tempat-tempat menarik atau healing bahkan bisa beberapa kali dalam se bulan.

Menurutnya, gen Z akan rutin melakukan healing dan dipastikan bakal mengunggah (posting) ke berbagai media sosial dari setiap destinasi yang telah dikunjungi. Hal itu, tentunya akan menarik wisatawan jika melihat unggahan mereka.

“Jadi ini juga makanya kita mengajak mereka untuk menjadi bagian dari pada peningkatan ekonomi pariwisata kita,” ucap Mahmud. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :