Sempurnakan Puasa Ramadhan Dengan Zakat Fitrah

oleh -781 kali dibaca
Pict. Nampak kaum muslimin sedang khusuk saat menghadiri Darusan Umum di Masjid Agung Kudus, (20/6/2017)

Kudus, isknews.com – KH. Ahmad Badawi Basyir Jekulo mengajak kaum muslimin untuk menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan. Penyempurnaan tersebut dapat dilakukan dengan mengeluarkan zakat fitrah, zakat mal (harta), infaq, wakaf dan shadaqah.

“Dirinya mengajak kepada Umat Islam untuk menyempurnakan puasa dengan mengeluarkan zakat fitrah, “Tujuan zakat fitrah untuk menyempurnakan kebersihan dirinya sendiri, terutama setelah melaksanakn ibadah puasa ramadhan sebulan penuh. Maka keutamaan dari zakat fitrah ini adalah untuk membersihkan, mensucikan dirinya sendiri,” katanya dalam Mauidhoh Hasanah pada penutupan Darusan Umum Masjid Agung Kudus, Selasa, (20/6/2017) lalu.

Didalam Islam zakat terbagi dua, yang pertama disebut dengan zakat Mal atau zakat harta benda dan yang kedua disebut dengan zakat fitrah atau zakat diri.

Zakat Mal memiliki fungsi sebagai pelaksana kewajiban yang ada ayatnya didalam Al Quran, dan diwajibkan bagi setiap orang yang memiliki harta sudah sampai batas tertentu atau nisab.

Beliau menjelaskan, Nisab itu adalah batas minimal orang yang memiliki kekayaan berupa harta, sudah mulai wajib mengeluarkan sebanyak 2,5 persen dari harta yang dimilikinya. “Sedangkan Zakat fitrah atau zakat diri adalah zakat yang diwajibkan bagi setiap orang individual. Zakat fitrah ini dilaksanakan khusus pada bulan suci Ramadan.” ungkapnya

“Disebut dengan fitrah karena memang fungsi dan tujuannya adalah untuk membersihkan diri secara individual, sehingga tidak ada batasan nisab yang ada batasan hidup. Artinya zakat fitrah diwajibkan bagi yang mampu, bagi siapapun yang hidup didunia meskipun dia baru dilahirkan tadi siang,”kata beliau.

“Pemberian zakatnya dalam bentuk beras ataupun makanan pokok. Adapun ukurannya ada beberapa pendapat, satu diantaranya ada yang mengatakan untuk membayar zakat fitrah dengan beras sebanyak 2,8 atau 2,7 kilogram, ada juga yang berpendapat 3,8 kilogram,”tambah KH. Badawi

Namun sebenarnya zakat fitrah itu yang penting dilaksanakan, meskipun dengan cara bayar yang standarnya berapapun. Yang penting sesuai dengan yang di Ijtihad oleh para Imam fiqih.

Selain itu, Putra ulama kharismatik asal Kudus KH Ahmad Basyir ini menghimbau kepada Umat Islam agar setelah berpuasa selama sebulan penuh dalam Bulan Ramadan dapat lebih meningkatkan lagi kepatuhannya terhadap ajaran Islam dan kepeduliannya terhadap sesama terutama kepada kaum dhuafa, fakir-miskin dan anak yatim-piatu. Sehingga tujuan berpuasa sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT benar-benar dapat tercapai yaitu terbentuknya pribadi yang shaleh dan bertakwa.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo tersebut mengajak dan mengimbau Umat Islam agar memperbanyak silaturrahim dan merajut ukhuwah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, “Dipenghujung bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan ini, Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang celaka karena tidak mendapatkan pengampunan dari Allah Ta’ala selama bulan Ramadhan, Amin,” pungkasnya.(AJ)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :